Merakit komputer gaming harga 2 jutaan 2015

Tutorial-pc.com - Berbicara komputer gaming, ini berarti kita membahas komputer yang lebih di khususkan untuk bermain game-game tanpa lag bukan?maksudnya adalah game tersebut berjalan cukup baik dengan spesifikasi yang kita inginkan. Saat ini bukanlah hal yang tidak mungkin untuk merakit komputer gaming murah, mengingat banyak penjual yang menjual barang bekas khususnya perangkat komputer secara online.

Saya akan berusaha memberikan referensi komputer murah namun masih bisa memainkan game-game terkini tanpa lag. Yup, murah adalah tujuannya. Ada dua pilihan berdasarkan jenis prosesor dan graphic card yang akan kita gunakan. Karena memang saat ini ada tiga perusahaan besar yang sangat berpengaruh saat ini yaitu Intel, Nvidia dan AMD.

Harap di ingat, komputer gaming dengan harga 2 jutaan tidaklah cukup apabila kita merakit perangkat baru. Saya hanya bisa menganjurkan perangkat bekas tetapi masih memiliki tenaga sakti didalamnya. Dan juga graphic card yang telah mendukung teknologi terkini namun harganya masih cukup terjangkau.

Satu hal lagi yang harus diperhatikan, untuk membeli perangkat bekas minimal kita memiliki sedikit pengetahuan untuk memeriksa kondisi perangkat tersebut, layak pakai atau tidak. Cukup banyak aplikasi yang bisa diandalkan untuk mengetahui error pada sebuah perangkat komputer, baik itu prosesor, mainboard, ram, graphic card/ kartu grafis dan juga untuk memeriksa cacat pada LCD.
Namun tidak ada salahnya juga untuk mencari penjual yang memberikan garansi minimal 1 minggu untuk di uji coba.

Tidak perlu menunggu waktu lama, berikut saya sajikan komputer gaming harga 2 jutaan dengan menggunakan prosesor Intel. Untuk referensi harga bekas saya mengambil dari beberapa toko online atau forum-forum yang menjual perangkat komputer bekas tersebut. Harga bisa bervariatif ya tergantung dari penawaran yang kita dapatkan.

Harga maksimal untuk komputer gaming murah ini adalah 2,5 juta rupiah. Namun saya menyarankan melebihkan uang sedikit saja untuk berjaga-jaga kalau saja harga yang ditawarkan lebih tinggi daripada penelusuran yang saya dapatkan di penjualan online. Kalau Anda jago dalam hal tawar menawar itu lebih baik, harganya mungkin bisa dibawahnya.

Komputer gaming dengan prosesor Intel

Prosesor yang saya gunakan baik untuk Intel maupun AMD sudah memiliki 4 core murni. Jadi untuk dukungan game-game terbaru masih sangatlah baik. Bahkan untuk editing pun masih bisa diandalkan. Untuk memori saya hanya memberikan kapasitas sebesar 4GB. Nanti kalau ada uang bisa ditambahkan lagi 4GB, jadi total 8GB.

Khusus untuk power supply, biarpun kelas kacangan, lebih baik membeli yang baru. Jangan tergiur dengan psu kondisi bekas dengan harga murah apalagi bukan psu berkualitas baik. Disini saya mendapatkan casing yang sudah include psu didalamnya. Harganya pun tidak sampai 200 ribu rupiah. Selain casing dan psu, satu set perangkat yang satu ini pun tidak perlu membeli yang bekas, karena yang barunya pun cukup murah yaitu keyboard dan mouse.

Namun kalau menginginkan kemampuan lebih bisa diganti dengan keyboard & mouse gaming bekas. Tetapi akan berimbas harga yang lebih tinggi lagi.
Berikut komputer gaming dengan prosesor Intel.
  1. Intel Core 2 Quad Q9300 2.5Ghz
  2. Mainboard Intel G41 DDR3 soket 775
  3. RAM 4GB DDR3
  4. Harddisk 500GB 
  5. Nvidia GT 640 1GB DDR3
  6. Keyboard & Mouse Standar
  7. Casing + PSU standar
  8. Monitor LED 16"
  9. Harga Total 2,4 Juta (estimasi)
Spesifikasi diatas sudah bisa memainkan game-game terbaru dengan baik, namun harap di ingat, settingan didalam game jangan terlalu tinggi. Sebagian di setting LOW, atau kalau masih bisa diatur ke medium to high.
Komputer gaming harga 2 juta dengan prosesor Intel.jpg
Komputer gaming harga 2 juta dengan prosesor Intel

Komputer Gaming dengan prosesor AMD

Sebenarnya untuk perakitan komputer gaming menggunakan prosesor AMD hanya berbeda di prosesor dan mainboardnya saja, selebihnya kita bisa memasukkan kembali spesifikasi dengan prosesor Intel diatas. Namun satu perangkat saya ganti untuk menyesuaikannya yaitu graphic card saya ganti dengan miliknya AMD. Hal tersebut saya lakukan demi mendapatkan alternatif lain selain Nvidia. Apalagi untuk harga yang cukup bervariatif. Satu lagi, karena harga prosesor dan mainboard AMD relatif lebih murah dibandingkan Intel, maka untuk AMD saya mengganti RAMnya menjadi 8GB.
Berikut komputer gaming dengan prosesor AMD.
  1. AMD Athlon II X4 640 3.0Ghz
  2. Mainboard AMD 785GM Soket AM3
  3. RAM 8GB DDR3
  4. Harddisk 500GB 
  5. AMD Radeon HD 5670 1GB DDR3
  6. Keyboard & Mouse Standar
  7. Casing + PSU standar
  8. Monitor LED 16"
  9. Harga total 2,45 juta (estimasi)
Mungkin ada yang bertanya-tanya, kok saya hanya menyandingkan prosesor AMD Athlon II X4 bukannya phenom II X4? bukan saya tidak mau memasukkannya, harga prosesor AMD Phenom II X4 cukup tinggi di pasaran. Entah kenapa harganya sampai sekarang pun tidak berubah. Namun jangan khawatir, AMD Athlon II X4 masih cukup baik kok untuk menanangi game-game saat ini, walaupun memang secara kinerja prosesor AMD ini masih dibawah Intel Core 2 Quad Q9300.
Komputer gaming harga 2 juta dengan prosesor AMD.jpg
Komputer gaming harga 2 juta dengan prosesor AMD



Perbandingan dengan Komputer Baru

Rasanya tidak adil kalau saya hanya memberikan gambaran komputer bekas saja. Jadi saya akan membandingkan spesifikasi yang kita dapatkan dengan bermodalkan uang 2,5 juta antara komputer bekas dan komputer baru. Disini lagi-lagi referensi saya adalah toko komputer online yang menjual perangkat komputer paling bersaing.
Berikut spesifikasi komputer baru dengan harga 2,5 juta rupiah.
  1. Prosesor Intel Pentium Dual Core G1610 2,6Ghz
  2. Mainboard Biostar H61
  3. RAM 2GB DDR3
  4. Harddisk 320GB SATA
  5. VGA Intel HD 2000
  6. Keyboard & Mouse Standar
  7. Casing + PSU Standar
  8. Monitor LED 16" 
  9. Harga 2,54 juta. 
Terlihat spesifikasi yang cukup jauh apabila dibandingkan merakit komputer gaming kondisi bekas. Bahkan harganya lebih mahal sedikit. Namun kelebihannya hanya terletak pada garansi yang lebih panjang. Mungkin ada orang yang berfikir, "enak merakit komputer baru, nanti kalau ada uang tinggal upgrade". Ya, memang ada benarnya, namun dengan spesifikasi diatas, untuk melakukan upgrade kita terpaksa merogoh uang lagi bukan?
Komputer rakitan harga 2,5 juta.jpg
Komputer rakitan harga 2,5 juta

Jadi semua kembali kepada buyer, menginginkan spesifikasi lebih dengan harga murah atau mendapatkan unit baru namun tetap akan melakukan upgrade dengan biaya yang lebih tinggi lagi?

Saya berharap artikel "merakit komputer gaming harga 2 jutaan 2015" ini bisa dijadikan referensi buat kalian yang bingung dengan dana segitu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merakit komputer gaming harga 2 jutaan 2015"

Post a Comment