Sejarah Hard disk dan perkembangannya

Tutorial-pc.com - Harddisk atau sering disebut harddisk drive, terkadang juga disingkat HDD merupakan salah satu komponen komputer yang wajib ada. Pengertian secara mudahnya "Hard" = "keras", "disk" = "cakram, berarti Harddisk adalah Cakram Keras. Perangkat satu ini pertama kali di ciptakan oleh Insinyur IBM pada tahun 1956 oleh Reynold Jhonson.

Kala itu, harddisk yang pertama kali diciptakan berkapasitas 4,4 MB (megabyte), terdiri dari piringan berukuran 0,6 meter dengan kecepatan harddisk mencapai 1200 RPM (rotation per minute). Cukup berbeda jauh dengan harddisk masa kini, dengan kapasitas mencapai 6TB (terabyte) dan piringan berukuran hanya 0,6 cm.


Harddisk pertama kalinya

Seperti penjelasan di awal, harddisk ditemukan pada tahun 1956 oleh insinyur IBM sebagai perangkat pengolah transaksi IBM dan dibuat untuk penggunaan umum komputer mainframe dan komputer mini. Ukuran harddisk ini sangatlah besar, bahkan hampir sebesar lemari pakaian atau tepatnya dua kali lipat besarnya lemari es, bisa dibayangkan bukan betapa memakan tempat harddisk komputer pada saat itu? Bobotnya kurang lebih 920KG, namun kapasitas hanya 4 MB (megabyte).

IBM 350 RAMAC merupakan harddisk pertama kali yang diciptakan oleh IBM. Bisa menampung 5 juta 6-bit karakter dalam 50 cakram yang bertumpuk. Dahulu hard disk belum banyak di pakai orang, hanya ditujukan untuk perusahaan saja dan biaya sewanya pun tidaklah murah. Perbulan perusahaan tersebut harus membayar $5000 US dollar, kebayangkan betapa mahalnya sebuah teknologi kala itu? kalau kita rupiahkan saat ini berkisar 60 juta per bulan, wow!.

Berikut daftar lengkap harddisk awal IBM
  • IBM 350
    Diproduksi pada bulan Juni 1956 yang digunakan oleh komputer 305 RAMAC. Dengan kapasitas sebesar 3,75MB.
  • IBM 353
    Digunakan pada komputer IBM 7030
  • IBM 355
    Diperkenalkan pada tanggal 14 september 1956
  • IBM 1405
    Diperkenalkan pada tahun 1961 dan didesain untuk digunakan pada komputer IBM 1400 series, untuk komputer skala bisnis.
  • IBM 7300
    Menggunakan teknologi yang sama dengan IBM 350, IBM 355 dan IBM 1405. IBM 7300 didesain untuk komputer IBM 7070
  • IBM 1301
    Diperkenalkan pada tanggal 2 Juni 1961. Model ini didesain untuk digunakan pada komputer IBM seri 7000 (mainframe komputer) dan juga IBM 1410.
  • IBM 1302
    Diperkenalkan pada bulan September 1963.
  • IBM 1311
    Diperkenalkan pada tanggal 11 Oktober 1962 dan didesain untuk komputer bisnis skala medium dan juga untuk komputer ilmiah. Untuk model yang ini ukurannya sudah mulai mengecil, kurang lebih sebesar mesin cuci
Hardisk IBM untuk komputer Mainframe 
  • IBM 2320
  • IBM 2305
  • IBM 2311
  • IBM 2314
  • IBM 3310
  • IBM 3330
  • IBM 3340
  • IBM 3350
  • IBM 3370
  • IBM 3380
  • IBM 3390
  • IBM 9430 dan 9435
Seperti penjelasan singkat mengenai perkembangan harddisk IBM, saya hanya ingin membahas harddisk IBM seri 1311. Ukuran dari harddisk IBM menyusut dari sebelumnya. Lebih ringan dan kapasitas yang lebih besar. Kurang lebih sebesar mesin cuci kita saat ini. Walaupun kalau untuk saat ini sudah jelas merepotkan bukan?

Salah satu kelebihan harddisk ini apabila dibandingkan dengan seri sebelumnya adalah dapat menyimpan 2 juta karakter pada disk pack yang bisa digonta-ganti. Setiap ukuran disk pack yaitu 4 inch tingginya dengan bobot 4,5 KG dan memiliki 6 disk ukuran 14 inch dan 10 permukaan yang bisa di tulis.



Harddisk untuk komputer desktop

Pada tahun 1980 awal, harga harddisk dirasakan cukup mahal karena kelangkaan cakram keras pada harddisk. Dan akhirnya harddisk pun bisa digunakana untuk komputer pribadi atau yang lebih dikenal dengan nama PC (personal computer) Desktop karena harganya bisa di tekan di akhir tahun 1980-an. Dan pengguna komputer desktopnya akhirnya bisa menikmati teknologi harddisk ini.



Munculnya perusahaan pembuat Harddisk selain IBM

Pada awal 1980an bermuncullah produsen pembuat harddisk selain IBM, seperti WDC (Western Digital Corp), Seagate, Maxtor dan Hitachi. Ukuran harddisk sudah semakin mengecil. Sangat jauh apabila kita bandingkan dengan harddisk pertama kali yang dijual oleh IBM. Dengan ukuran 5,25 Inch atau sebesar DVD Drive yang kita gunakan, bisa menghemat tempat.
  • Seagate
    Perusahaan yang berdiri pada tahun 1978 yang dikenal dengan nama Shugart Technology kemudian akhirnya menjadi Seagate Technology PLC menciptakan harddisk pertama kalinya pada tahun 1980. Ukurannya 5,25 Inch dengan kapasitas 5 MB. Harddisk ini diberi nama Seagate ST-506. Seagate juga memperkenalkan interface pertama kalinya digunakan untuk semua pengguna mikro komputer.

    Pada tahun 1992 seagate memperkenalkan hard disk ukuran 2,5 Inch pertama kalinya. Kemudian di tahun yang sama seagate memperkenalkan harddisk dengan kecepatan 7200RPM ke pasar global untuk pertama kalinya dengan kapasitas 2.1GB. Tahun 1996, seagate memperkenalkan keluarga cheetah dengan kecepatan 10.000 RPM. Dan tahun 2000, seagate kembali mengeluarkan produk cheetah terbarunya dengan kecepatan 15.000 RPM (rotation per minute)
  • Western Digital
    Seperti yang kita ketahui, Western digital merupakan salah satu perusahaan pembuat harddisk terbesar di dunia. Pada tahun 1982, Western digital memperkenal single chip controller untuk harddisk Winchester. Tahun 1989 Western Digital membuat standar Harddisk IDE (Integrated Drive Electronics) untuk seluruh ukuran hard drive.

    Kemudian pada tahun 1990 Western digital memperkenalkan harddisk 3,5 Inch untuk pertama kalinya dengan nama WD Caviar. Pada tahun 2003, WD baru memperkenalkan hard disk 10.000 RPM untuk pertama kalinya dengan nama WD Raptop berkapasitas 37GB.
  • Maxtor
    Pada tahun 2000, maxtor membeli perusahaan kompetitornya yaitu Quantum. Quantum merupakan perusahaan pembuat hard disk terbesar kedua setelah seagate, dengan akuisisi ini maka otomatis maxtor menjadi pembuat hard disk terbesar. Pada tahun 2001 maxtor meluncurkan harddisk dengan kapasitas 20GB. Kapasitas tersebut sangat besar pada masa itu. Pada tahun 2006 karena masalah finansial, akhirnya perusahaan maxtor jatuh ke tangan Seagate.
  • Hitachi
    Hitachi merupakan perusahaan elektronik dari jepang. Pada tahun 2003, IBM menjual teknologinya ke hitachi. Secara otomatis IBM tidak lagi terlibat dalam pengembangan teknologi dan pemasaran hard drive. Pada tahun 2007 hitachi meluncurkan hard disk Desktar 7K1000 dengan kapasitas terbesar pada masa itu yaitu 1TB (1000GB).
  • Thosiba
    Pada tahun 2004, Thosiba memperkenalkan Thosiba MK2001MTN yang merupakan hard disk pertama berukuran 0,85 Inch. Menyimpan kapasitas sebesar 2GB per piring cakramnya. Kemudian pada tahun 2005, thosiba meluncurkan kembali hard disk Thosiba MK4007 GAL dengan kapasitas 40GB pada 1,8 Inch platter.

Selain merk yang disebutkan diatas, ada satu lagi yang memproduksi hard disk yaitu samsung. Sampai akhirnya perkembangan hard disk berubah dari konvensional ke hard disk SSD (solid state drive). Hard disk SSD sudah tidak lagi menggunakan piringan keras atau cakram magnetis melainkan menggunakan teknologi non volatille memory sebagai penyimpannya.

Bentuknya lebih ringkas karena berukuran 2,5 Inch seperti halnya ukuran hard disk laptop atau notebook, namun dengan beberapa kelebihan dibandingkan dengan hard disk konvensional. Diantaranya.
  • Lebih silent atau lebih sunyi karena tidak ada gesekan piringan didalamnya. 
  • Lebih dingin, lebih ringkas dan lebih kuat terhadap berbagai bentuk guncangan atau getaran. 
  • Lebih awet dan tidak boros 
Hard disk SSD kapasitas 128GB
Hard disk SSD kapasitas 128GB


Jenis konektor hard disk saat ini. 

Untuk ukuran hard disk komputer desktop yang beredar saat ini adalah 3,5 Inch. Dan untuk komputer jinjing atau laptop ada yang menggunakan 2,5 Inch namun ada juga yang 1,8 Inch. Seperti yang saya jelaskan di akhir artikel ini, bahwa hard disk konvensional perlahan tapi pasti akan tergeser oleh hard disk SSD yang ukurannya lebih kecil yaitu 2,5 Inch.

Untuk Jenis konektor yang digunakan hanya ada 2 jenis yang saat ini beredar. Yaitu menggunakan konektor Parallel ATA/IDE dan Serial ATA (SATA). Perbedaannya sendiri terlihat dari bentuk kabel konektornya, kalau IDE lebih besar sedangkan SATA lebih kecil dan lebih panjang. Kemudian power hard disknya pun berbeda. Lebih jelasnya silahkan lihat contoh dibawah ini.
Perbedaan Konektor Hard disk
Perbedaan Konektor Hard disk
Perbedaan kabel data
Perbedaan kabel data



Hardisk konvensional atau harddisk SSD?

Pada dasarnya apabila Anda menginginkan kecepatan atau kinerja komputer tinggi, SSD adalah pilihan yang tepat, seperti yang telah saya utarakan sebelumnya. Namun apabila kita menginginkan kapasitas yang besar, harddisk konvensional merupakan pilihan yang bijak. Lantas manakah yang harus dibeli? sesuaikan saja dengan kebutuhan. Lebih baik lagi apabila kita menggabungkannya. Harddisk SSD untuk sistem operasi dan konvensional untuk data.


Demikian artikel mengenai Sejarah Harddisk dan perkembangannya. Semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca setia Tutorial PC.

Referensi artikel
  • https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_IBM_magnetic_disk_drives
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Cakram_keras
  • http://www.cintateknologi.com/2014/12/sejarah-hardisk-dan-perkembangan-nya.html
  • http://www.pcworld.com/article/127105/article.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Hard disk dan perkembangannya"

Post a Comment