Mengganti harddisk dan RAM Asus K46CA

Tutorial-pc.com - Asus K46CA memiliki spesifikasi yang lumayan untuk menjalankan aplikasi saat ini. Cukup wajar karena asus tipe ini sudah menggunakan prosesor Intel Core i3 Ivy Bridge dengan kecepatan 1,8Ghz. Kemudian ditunjang juga oleh kapasitas RAM 2GB dan kapasitas harddisk 500GB. Untuk lebih jelasnya silahkan dibuka kembali pembahasan saya mengenai spesifikasi lengkap Asus K46CA ini.
( baca : Spesifikasi Asus K46CA)

Untuk peralatan yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak. Saya hanya menggunakan obeng plus ukuran kecil, kemudian tambahannya adalah pick gitar. Fungsinya sendiri untuk membantu membuka bodi laptop Asus K46CA ini. Lebih jelasnya silahkan disimak ulasannya dibawah ini.

Oh ya, satu hal yang sedikit mengganjal ketika saya membaca model dari Asus ini. Pada bagian belakang bodi, versi Asus ini adalah K46CA. Pada bagian atas, seri Asus ini adalah A46C, kemudian tepat dibawah tulisan versi asus, ada seri asus yang lainnya yaitu A46CA-WX043D. Nah loh, kira-kira mana yang benar ya?

Berikut cara mengganti harddisk dan RAM Asus K46CA

1. Pada dasarnya Asus seri ini sangat mudah sekali apabila kita ingin mengganti harddisk baru. Bahkan tanpa pendamping pun rasanya bisa dilakukan. Kita cukup membuka cover/ pelindung harddisk yang ada dibawah laptop. Oh ya, sekedar mengingatkan, sebelum melakukan pergantian Harddisk, atau apapun itu kegiatannya, jangan lupa untuk melepaskan baterai terlebih dahulu.

Melepas baterai Notebook Asus K46CA.jpg
Melepas baterai Notebook Asus K46CA
2. Lanjutkan dengan membuka dua baut pengunci cover belakang Asus K46CA ini. Setelah dibuka bautnya, cukup dorong cover tersebut ke arah bawah, dan setelah itu bisa kita lihat, slot RAM yang sengaja di kosongkan dan juga harddisk dari laptop Asus K46CA.
Melepas cover bagian bawah asus K46CA.jpg
Melepas cover bagian bawah asus K46CA
3. Seperti terlihat pada gambar sebelumnya. Setelah cover belakang terbuka maka terlihat jelas harddisk yang akan kita ganti. Cukup membuka tiga pengunci harddisk pada Asus K46CA ini. Setelah itu cukup dorong harddisk keluar (terlihat digambar), dan harddisk barupun siap untuk dipasang.
Melepas harddisk Asus K46CA.jpg
Melepas harddisk Asus K46CA

4. Untuk RAM sedikit merepotkan apabila RAM laptop tersebut bermasalah. Hal ini disebabkan letak RAM yang berada di dalam. Sedangkan yang diluar adalah slot kosong apabila ingin menambah harddisk. Sebenarnya ini sangat memudahkan pengguna apabila ingin menambah RAM baru, namun seperti yang saya katakan tadi, menyulitkan ketika ternyata RAM Asus K46CA ini bermasalah. Untuk mengganti RAMnya kita harus membongkar seluruh bodi Asus K46CA ini. Pertama yang kita lakukan adalah melepas harddisk, setelah itu melepas seluruh baut pengunci bodi Asus K46CA.
Melepas baut pengunci bodi belakang Asus K46CA.jpg
Melepas baut pengunci bodi belakang Asus K46CA
5. Seperti penjelasan saya sebelumnya, alat yang kita butuhkan selain obeng plus adalah pick gitar. Yup, selain berguna untuk memainkan gitar, pick gitar ini juga bisa berfungsi sebagai pembantu pelepas bodi Asus K46CA ini tanpa harus merusak pinggiran bodi asus. Pertama, masukkan pick gitar ke sela-sela bodi asus pada bagian kanan. Kemudian dorong dan sambil ditekan keatas di sela-sela tersebut. Hati-hati untuk melakukannya. Setelah terbuka, lakukanlah hal yang sama pada seluruh sisi, sampai penutup bodi tidak terkunci lagi.
Pick gitar : Alat bantu pembuka bodi Asus K46CA.jpg
Pick gitar : Alat bantu pembuka bodi Asus K46CA
Membuka sela-sela bodi Asus K46CA dengan pick gitar.jpg
Membuka sela-sela bodi Asus K46CA dengan pick gitar

6. Ingat! setelah semua terbuka jangan langsung ditarik keatas penutup bodinya, karena ada satu lagi konektor yang terhubung dari penutup bodi ke motherboard. Lepas terlebih dahulu konektor ini sebelum kita bisa melepas penutupnya. Sampai disini kita bisa melihat semua perangkat yang ada di dalam laptop asus K46CA, termasuk RAM yang tersembunyi di balik penutup bodi. Dan kita pun bisa mengganti RAM Asus K46CA yang bermasalah kemudian kita pun bisa membersihkan pendingin prosesor Asus K46CA.
Melepas konektor yang terhubung pada bagian motherboard.jpg
Melepas konektor yang terhubung pada bagian motherboard


Bagaimana? apakah ada kendala berarti saat melakukan bongkar pasang perangkat laptop Asus K46CA ini? mungkin pergantian harddisk dan penambahan RAM tidak akan memiliki kendala berarti. Namun apabila RAM kita bermasalah, nah ini yang bikin kita sedikit repot. Apalagi untuk melepas pengunci bodi Asus ini sedikit mengeluarkan waktu yang lama. Tetapi tidak ada salahnya bukan untuk mencoba mengganti sendiri tanpa bantuan teknisi?

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan silahkan dibagikan ke kawan-kawan apabila ternyata cukup berguna. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengganti harddisk dan RAM Asus K46CA"

Post a Comment