Merakit komputer gaming harga 3 jutaan 2015

Tutorial-pc.com - Siapa yang tidak suka murah? hayo angkat tangannya? hmm... pasti semua orang suka yang namanya murah tapi bagus bukan? yup, itulah keinginan seorang gamer budget ketat hehe. Waktu itu saya pernah membuat artikel serupa namun dengan harga dibawahnya. Silahkan dibaca lagi artikel sebelumnya
(baca : Merakit komputer gaming harga 2 jutaan 2015)

Pada kesempatan yang asyik ini, maksudnya hati saya lagi bergembira karena Allah SWT memberikan rejeki yang melimpah (jadi curhat hihi), saya memberikan sedikit racikan komputer gaming murah. Hanya dengan uang tiga jutaan saja, kita bisa memboyong komputer gaming. Seperti sebelumnya saya akan mengkombinasikan antara spare part komputer baru dan bekas, untuk meminimalisir harga komputer yang akan kita rakit. Namun tidak menutup kemungkinan semua komponen yang kita rakit adalah komponen baru.

Patokan harga untuk rakitan komputer gaming kali ini adalah 3 juta sampai dengan 3,9 juta, harga tidak sampai 4 juta. Cukup ketat memang anggarannya, namun dengan rakitan kombinasi seperti halnya masakan (lapar saya, ingat makanan masalahnya haha), semua itu bisa kita dapatkan loh. Karena memang ada dua kubu yang saling bersaing, pilihan pun ada dua. Namun walaupun begitu, yang diutamakan adalah harga murah tapi bisa memainkan game terbaru.



Komputer gaming harga 3 jutaan Prosesor Intel 

Sedikit lebih berat merakit komputer dengan menggunakan prosesor Intel. Kenapa demikian? silahkan cek dan ricek sendiri. Rata-rata prosesor Intel memiliki harga yang lumayan tinggi dibandingkan rivalnya. Namun kelebihannya adalah daya yang lebih irit, dan ini berimbas pada suhu yang lebih adem.

Disini yang menggunakan prosesor dari Intel Core i3. Loh kok saya tidak menggunakan Intel Pentium Dual Core? alasan cukup sederhana yaitu fitur Hyper Threading yang ada di Intel Core i3 menjadikan pilihan tepat untuk melibas game-game terbaru. Karena fitur HT ini dianggap sistem operasi windows sebagai 4 Core, begitupun juga aplikasi game.  Kemudian kombinasi RAM 8GB cukup membantu mengatasi game-game yang menganjurkan minimal RAM 4GB.

Ingat, rakitan Intel ini tidak menggunakan VGA Card, melainkan mengandalkan VGA Onboard Intel itu sendiri yaitu Intel HD Graphic 4400. Jangan ditanyakan masalah kemampuannya, cukup banyak beberapa website ataupun benchmark dari youtubers tentang kemampuan kartu grafis onboard intel ini. Walaupun saya pribadi menilai hanya beberapa game saja yang bisa di atur ke pengaturan terbaik. Namun cukuplah bagi gamer budget ketat tetap bisa memainkan game walaupun dengan settingan terendah.

Disini saya melakukan sedikit modifikasi untuk memaksimalkan kemampuan vga onboard dari Intel HD Graphic 4400. Untuk melakukan hal ini, kita harus masuk ke BIOS dan mengambil RAM System sebesar 1GB (sebagian motherboard mentok pada RAM 512MB). Ini hanya contoh saja, setiap motherboard memiliki pengaturan yang berbeda. Nanti di lain waktu akan saya berikan cara mengambil RAM Sistem.

Berikut spesifikasi lengkap komputer gaming harga 3 juta dari Intel
  1. Prosesor Intel Core i3 4130 3.4Ghz Haswell
  2. Mainboard Colorful H81M V23
  3. RAM VenomRX 8GB DDR3 PC 10600 
  4. Harddisk 160GB WD 
  5. VGA Intel HD Graphic 4400 1GB Share Memory
  6. Casing + PSU Standar
  7. Keyboard + Mouse standar
  8. Monitor LED 16" dengan resolusi 1366 x 768
Terlihat jelas disini bahwa saya memangkas kapasitas harddisknya. Cukup kecil sebenarnya untuk game-game saat ini yang rakus akan kapasitas harddisk. Ambil contoh GTA V, yang membutuhkan ruang kosong harddisk sebesar 61 GB, wow!. Namun jangan khawatir, nanti kalau ada uang bisa membeli lagi bukan?
Komputer gaming harga 3 juta Intel.jpg
Komputer gaming harga 3 juta Intel



Komputer gaming harga 3 jutaan Prosesor AMD

Perbedaan antara komputer Intel hanya di prosesor dan mainboard saja, selebihnya tidak jauh berbeda dengan komputer gaming prosesor Intel. Untuk pilihan prosesor AMD, tidak ada pilihan yang lain selain menggandeng prosesor AMD APU. Prosesor seri ini dikenal dengan kemampuan onboardnya yang cukup baik. Dan APU sendiri memiliki banyak versi. Namun versi yang paling tepat adalah AMD APU A8 series. Yup, Prosesor AMD A8 memiliki 4 inti prosesor murni dan VGA onboard yang cukup tangguh untuk memainkan game-game terkini.

Untuk diketahui, ada 3 generasi prosesor AMD APU kalau dilihat berdasarkan jenis soket prosesor yang digunakan yaitu FM1, FM2 dan FM2+. Saya tidak menggunakan generasi 1 dan 2, namun menggunakan yang paling terbaru, kenapa demikian? harus di ingat, tipe model yang lama akan segera ditinggalkan. Usahakan menggunakan model terbaru. 

Untuk prosesor AMD, pilihan saya adalah versi A8 yang paling kencang dikelasnya yaitu AMD Kaveri A8 7650K 3.3Ghz. Prosesor ini memiliki fitur Turbo Core yang berarti kecepatan prosesor tergantung kebutuhan atau load dari prosesor tersebut. Ketika sebuah aplikasi membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi, secara otomatis kecepatan prosesor AMD A8 ini naik menjadi 3.8Ghz. Suatu fitur yang cukup baik tentunya dan ini tidak dimiliki oleh prosesor Intel Core i3 4130 3.4Ghz. 

Prosesor AMD A8 7650K menggunakan VGA onboard R7 Series. Dan dari beberapa review yang pernah saya baca, kemampuan VGA onboardnya cukup bisa di andalkan. Saya sendiri pernah mencoba versi A8 6600K, cukup baik malah. Dan ini bisa menjadi sedikit gambaran akan kemampuan 7650K bukan. 

Berikut spesifikasi lengkap komputer gaming harga 3 jutaan prosesor AMD
  1. Prosesor AMD A8 7650K 3.3Ghz 
  2. Mainboard Asrock FM2A58M-VG+ 
  3. RAM VenomRX 8GB DDR3 PC 10600 
  4. Harddisk WDC 320GB
  5. AMD Radeon R7 Series
  6. Casing + PSU Standar
  7. Keyboard + Mouse standar
  8. Monitor LED 16" dengan resolusi 1366 x 768
Sedikit berbeda racikan yang saya berikan. Terlihat kapasitas harddisk yang lebih besar. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi harga rakitan AMD tidak terlalu jauh dengan Intel. Lantas ada mungkin ada yang berfikir kenapa saya tidak merancang dengan menggunakan prosesor AMD A10? lagi-lagi faktor harga yang cukup jauh lebih mahal dibandingkan A8, mengurungkan niat saya untuk merakit komputer tersebut.
Komputer gaming harga 3 juta AMD.jpg
Komputer gaming harga 3 juta AMD



Antara Intel dengan AMD, manakah lebih baik?

Saya sendiri tidak menguji secara langsung manakah yang lebih baik dari kedua prosesor tersebut. Namun berdasarkan review-review yang pernah saya baca, kemampuan kedua prosesor ini cukup berimbang. Cukup wajar mengingat harga yang diberikan pun tidak jauh berbeda. Namun salah satu kelebihan dari Intel adalah konsumsi daya yang jauh lebih irit dibandingkan AMD. Kalau masalah pilihan, semua kembali ke buyer. Ada yang suka AMD, namun ada juga yang menjagokan Intel.

Semoga rakitan komputer gaming harga 3 jutaan kali ini sedikit memberikan gambaran bagi kalian yang sedang mencari komputer gaming namun dengan harga yang cukup murah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merakit komputer gaming harga 3 jutaan 2015"

Post a Comment