Mengembalikan partisi hard disk yang hilang

Tutorial-pc.com - Partisi merupakan bagian terpenting didalam harddisk. Fungsinya sendiri ialah untuk memisahkan data berdasarkan drive. Kalau di ibaratkan seperti halnya lemari pakaian, dengan membagi ruangan, kita lebih mudah untuk membagi pakaian yang ada didalam lemari tersebut. Nah, ada salah satu kasus, dimana salah satu teman saya tidak sengaja menghilangkan partisi pada salah satu harddisk.
(baca : beberapa cara membagi partisi harddisk)

Hal ini terjadi disaat teman saya ingin melakukan instalasi Windows, dan secara tidak sengaja salah menghapus partisi (niatnya menghapus partisi C, tetapi partisi E yang berisi data). Lalu bagaimana untuk mengembalikannya? tenang, jangan panik. Ikuti saja tips dari saya, InsyaAllah partisinya kembali lagi berikut data-data yang ada didalam partisi tersebut.

Salah satu aplikasi yang saya gunakan untuk melakukan hal ini adalah Easus Partition. Aplikasi ini bersifat gratis, dan bebas untuk digunakan. Kalau belum ada, silahkan di unduh terlebih dahulu di laman resminya. Untuk cara instalasi pun tidak terlalu sulit, cukup next, next dan finish.




Berikut langkah-langkah mengembalikan partisi hard disk yang hilang.

1. Lepas terlebih dahulu harddisk yang partisi nya tidak sengaja di hapus, kemudian di gandeng atau dipasang pada komputer yang masih berfungsi dengan baik. Buka aplikasi Easus Partition Master Free Edition. Kemudian klik pada "Launch Application". Kemudian arahkan ke harddisk yang partisinya ingin dikembalikan. Setelah itu langkah selanjutnya adalah klik "Partition Recovery".
Memilih harddisk yang akan di recovery partisinya.jpg
Memilih harddisk yang akan di recovery partisinya

2. Setelah klik partition recovery, langkah berikutnya adalah memilih metode pencarian. Disini kita bisa gunakan metode cepat atau metode selengkapnya. Sebagai contoh, saya gunakan metode fast, biar tidak terlalu lama dalam hal scanning partisi yang hilang. Silahkan klik "Next" untuk melanjutkannya.
Memilih metode recovery.jpg
Memilih metode recovery

3. Pada bagian berikutnya, aplikasi ini akan menampilkan partisi yang telah hilang. Dan pada contoh disini, partisi yang hilang hanya satu dengan label "Master". Silahkan di beri tanda centang pada partisi tersebut, biarkan aplikasi melakukan proses nya terlebih dahulu. Untuk lamanya proses ini tergantung pada ukuran partisi hard disk kita.
Memilih partisi yang akan direcovery.jpg
Memilih partisi yang akan direcovery

4. Pada bagian ini, tombol "Proceed" telah aktif. Ini menandakan kita bisa memproses partisi yang hilang tadi untuk di kembalikan lagi. Silahkan klik "Proceed" dan tunggu beberapa menit. Seperti lamanya proses scanning atau memindai, proses recovery ini akan berlangsung beberapa menit saja.
Proses recovery atau mengembalikan partisi harddisk yang hilang.jpg
Proses recovery atau mengembalikan partisi harddisk yang hilang

5. Apabila telah selesai, maka partisi yang hilang akan muncul kembali berikut data-data yang ada didalamnya. Sebagai contoh disini adalah partisi yang hilang berukuran 102 GB, setelah di recovery, ukurannya pun sama namun "Used space" atau data yang terpakai kembali lagi seperti semula.
Partisi yang hilang muncul kembali.jpg
Partisi yang hilang muncul kembali






Bagaimana?cukup mudah bukan? Intinya, jangan panik terlebih dahulu. Cobalah untuk browsing atau bertanya-tanya kepada teman. Jangan sampai malah nanti karena rasa panik kita yang berlebihan akhirnya kita menggelontorkan sejumlah uang yang cukup besar hanya untuk jasa recovery data.

Saya berharap, artikel mengembalikan partisi hard disk yang hilang ini bisa bermanfaat bagi pembaca setia TP. Dan silahkan bagikan ke teman-teman kalian. Dan juga tinggalkan komentar apabila ada suatu hal yang ingin ditanyakan.

Artikel yang cukup bermanfaat : 
  1. Deteksi dini kerusakan pada harddisk
  2. Mempercepat kinerja harddisk dengan defragment

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengembalikan partisi hard disk yang hilang"

Post a Comment