Mengulas blog : Sejarah blog, fungsi dan pengaruhnya

www.tutorial-pcmu.blogspot.comTutorial-pc.com - Blog? sebagian pengguna internet mengetahui tentang apa itu blog, apalagi melihat perkembangan pengguna blogger yang semakin meningkat tajam. Bahkan sebagian dari mereka menggantungkan nasib dari blog, loh kok? ya, memiliki blog dengan trafik yang tinggi berpotensi memiliki uang yang banyak. Sumber uang jelasnya dari iklan atau banner yang sudah dipasang di blog mereka.

Tahukah kalian kalau ternyata kata "BLOG" merupakan singkatan kata dari Web Log. Berdasarkan wikipedia, web log merupakan aplikasi berbasis web yang menyerupai tulisan-tulisan (sering dimuat dalam posting) pada sebuah halaman web.



Sejarah Blog

Ada yang tahu siapa sebenarnya pendiri BLOG? ternyata media blog menjadi dikenal ketika Phyra Lab memperkenalkan BLOGGER.COM. Pendirinya sendiri adalah Evan Williams dan Meg Mourihan. Evan William, pria kelahiran 31 Maret 1972 di Nebraska, Amerika serikat, awalnya merupakan Mahasiswa di nebraska selama kurang lebih 1,5 tahun, yang pada akhirnya memutuskan untuk keluar dan fokus mencari kerja.

Evan william ternyata memiliki otak yang jenius, ini terbukti dengan mudahnya dia memahami kode-kode komputer. Bahkan perusahaan raksasa seperti Intel dan Hawlett packard pun sempat meliriknya namun Evan William tidak mau terikat. Evan hanya bekerja sebagai freelance saja.

Evan williams bersama Meg Mourihan yang merupakan sahabat karib dan juga partner kerja dari william mendirikan sebuah perusahaan bernama Pyra lab yang membuat perangkat lunak. Mereka menciptakan blog pada tahun 1999, awalnya mereka menamakan blog dengan nama Pyra untuk masa uji coba yang akhirnya namanya diubah menjadi Blogger.

Pada bulan Agustus di tahun 1999, layanan blogger akhirnya disebarluaskan. Ada dua orang yang berpengaruh dalam hal ini yaitu Paul Bausch dan Mathew Haugey. Namun pada akhir tahun 2002, blogger.com akhirnya di akuisisi oleh Google. Setelah blogger.com bergabung dengan google, banyak aplikasi yang bersifat terbuka yang diperuntukkan bagi perkembangan para penulis blog.
sumber


Fungsi Blog

Blog sendiri memiliki fungsi yang beragam. Sebagian dari mereka menggunakan blog sebagai media curhat (curahan hati), berbagi pengalaman entah itu mengenai pengalaman sehari-hari dalam kehidupan, entah itu pengalaman mengenai penggunaan perangkat dan lain-lain. Ada juga yang membuat blog untuk mencari keuntungan (seperti penjelasan di awal). Bahkan ada sebagian pun menggunakan blog sebagai media politik.

Blog sebagian dimiliki oleh satu penulis namun ada juga yang memiliki banyak penulis dalam blog tersebut. Seperti halnya saya yang bekerja sendiri membangun sebuah blog yang bermanfaat hehe.



Jenis-jenis Blog

Seperti penjelasan pada fungsi blog, saya akan memberikan beberapa kategori blog yang sering dibuat oleh blogger.

Berikut beberapa macam blog dan juga penjelasannya. 
  • Blog pribadi. Blog ini biasanya ditulis oleh seseorang yang ingin berbagi pengalamannya. Seperti puisi, syair, keseharian kehidupannya, ide-idenya dan hal sejenisnya. 
  • Blog kesehatan. Blog ini berisikan tentang kesehatan, baik itu penyakit, keluhan pasien, obat-obatan herbal dan lain sebagainya. 
  • Blog fashion. Blog ini biasanya membahas seputar gaya hidup, perkembangan mode, pakaian yang lagi trend saat ini, peliputan fashion show dan segala hal yang berbau dengan fashion. 
  • Blog pendidikan. Blog ini biasanya ditulis oleh seorang tenaga pengajar atau siswa yang memberikan ilmu pendidikan disana atau membagikan metode-metode belajar. 
  • Blog agama. Blog ini berisikan pembelajaran mengenai agama. 
  • Blog hukum. Blog yang membahas seputar hukum. 
  • Blog politik. Blog yang lebih dikhususkan untuk media kampanye, berita seputar dunia politik, dan juga aktivis. 
  • Blog teknologi. Blog ini membahas seputar kemajuan teknologi. 
  • Blog travelling. Blog yang berisikan cerita dan pengalaman pribadi dari seseorang mengenai travelling atau tempat-tempat wisata yang mereka kunjungi. 
  • Blog bisnis. Lebih berfokus kepada promosi bisnis 
Sebenarnya ada beberapa macam lagi jenis-jenis blog, namun saya yakin beberapa pengguna komputer memahami mengenai jenis-jenis blog. Contoh blog ini merupakan blog pribadi saya yang ingin berbagi mengenai dunia internet.



Blogger pertama di Indonesia

Tahukah kalian siapa yang menjadi blogger pertama di Indonesia? yang jelas bukan saya ya, atau jangan-jangan sobat blog ini yang sedang membaca? ternyata juga bukan. Dia adalah Endah Nasution. Endah Nasution kelahiran Bandung 29 Juli 1975 dinobatkan sebagai toko blog Indonesia atau juga disebut sebagai "Bapak Blogger Indonesia".

Endah nasution merupakan seorang Alumni Universitas ITB pada tahun 1999 sempat bekerja di Ogilvy dan Mather Jakarta pada tahun 2000 sampai tahun 2002 sebagai copywriter. Kontribusi Endah Nasution di dunia blog berawal dari tulisan panjangnya yang menjelaskan "Apa itu blog" pada tahun 2001. Kemudian pada tahun 2004, Endah Nasution membuat blog yang membahas tentang pemilu. Kemudian dilanjutkan lagi blog Indonesia Help yang berisikan tentang berita terbaru dan pertolongan korban bencana alam dalam bahasa Inggris.
sumber



Blogger paling sukses di dunia dan Indonesia

Menjadi seorang blogger bukanlah suatu hal yang jelek. Kita bahkan bisa meraih mimpi hanya dengan tulisan-tulisan yang berawal dari ide atau dari pengalaman-pengalaman pribadi kita. Disini tidak ada maksud lain untuk membanggakan kekayaan mereka. Namun lebih untuk memotivasi kita sebagai blogger pemula untuk lebih bersemangat dalam membuat suatu artikel blog yang berkualitas.

Berikut beberapa blogger sukses di dunia.

Michael Arrington
Michael merupakan blogger yang berasal dari california. Salah satu dari sekian banyak blogger sukses yang mendapatkan uang dari hasil ngeblog (istilah untuk orang yang terjun di dunia blog). Michael Arrington lahir pada tanggal 13 Maret 1970. Michael pendiri dan sekaligus editor di Techrunch.com. Webnya sendiri membahas seputar perkembangan teknologi. Penghasilannya pun cukup membuat orang yang mendengarnya jantungan. Bagaimana tidak, dalam satu bulan Michael Arrington bisa meraup penghasilan antara $500,000 - $800,000 atau berkisar 5 - 8 milyar per bulan. Cukup fantastis bukan?

Pete Cashmore
Pete merupakan blogger muda kelahiran 18 september 1985. Seorang pendiri dan CEO dari blog terkenal yaitu Mashable. Pete berasal dari skotlandia. Mashable sendiri membahas seputar teknologi dan bisnis di media sosial, entertainment dan gaya hidup. Pete merupakan salah satu blogger muda terkaya saat ini dengan memiliki penghasilan antara $560,000 - $600,000 atau berkisar 5,6 - 6 milyar perbulan. Cukup menggiurkan.

Mario Lavanderia
Nama lengkap blogger satu ini yaitu Mario Armando Lavanderia, Jr. Mario lahir pada tanggal 23 Maret 1978. Mario lebih dikenal dengan nama Perez Hilton. Dan blognya sendiri diberikan nama yang sama yaitu Perezhilton.com. Blog perezhilton membahas seputar dunia selebriti dan skandal, lebih mengarah ke gosip. Perezhilton memiliki penghasilan antara $200,000 - $400,000 per bulan atau berkisar 2 - 4 milyar. Hitung saja berapa penghasilannya dalam setahun?

Vitaly Friedman
Seorang pendiri dari SmashingMagazine, blog yang membahas seputar desainer. SmashingMagazine merupakan blog yang cukup terkenal banyak kalangan desain web dan pengembang. Perbulan SmashingMagazine memiliki penghasilan antara $150,000 - $200,000 per bulan atau berkisar 1,5 - 2 milyar. Bukan suatu nilai yang kecil bukan?
Sumber


Berikut beberapa blogger sukses di Indonesia

Eka Lesmana
Salah satu nama yang sempat menggegerkan dunia blogger Indonesia. Bagaimana tidak, Eka lesamana awalnya seorang peternak bebek dan pekerjaannya pun tidak menentu. Sampai pada akhirnya Eka Lesmana bekerja di toko baju dan mengenal dunia Internet. Dengan segala usaha akhirnya Eka Lesmana berhasil memiliki penghasilan di dunia blogging. Saya sendiri tidak terlalu tahu berapa penghasilan per bulannya, namun dari sumber yang pernah saya dapat, rata-rata perbulan Eka Lesmana memiliki penghasilan antara $2000 - $3000 atau berkisara 20 - 30 juta per bulan. Walaupun tidak sebesar blogger luar negeri, namun penghasilan tersebut merupakan nilai yang cukup besar untuk dalam negeri

Sugeng Riyadi
Blogger satu ini sangat dikenal oleh kalangan blogger. Artikel yang ditulisnya sangat berkualitas. Sugeng Riyadi atau yang akrab di panggil Mas Sugeng, selain menekuni dunia blog, beliau juga cukup mahir di bidang template blog. Bahkan salah satu template buatan Mas Sugeng sendiri pernah saya gunakan dan memang tampilannya pun sangat menarik.

Adryan Fitra
Salah satu blogger termuda dan tersukses yang berasal dari dalam negeri. Adryan Fitra dikabarkan pernah mendapatkan penghasilan 1 milyar sebagai publisher Google Adsense.  Tidak terlalu banyak info yang saya dapatkan dari blogger satu ini. Namun dari sumber yang saya baca, Adryan Fitra semakin dikenal ketika ditunjuk sebagai digital campaign dari Presiden Joko Widodo.
Sumber

Diatas merupakan dari sekian banyak blogger sukses yang ada di dunia ini. Cukup memotivasi kita untuk menjadi blogger sukses.



Demikian artikel "Mengulas blog : sejarah, fungsi dan pengaruhnya", semoga bisa bermanfaat dan sedikit banyak memberikan motivasi untuk kita sebagai blogger pemula dan berusaha untuk menjadi salah satu blogger sukses di dunia, khususnya di Indonesia. Memang semua itu butuh proses yang panjang, namun apapun itu kalau kita menekuni dengan serius, InsyaAllah akan ada jalan menuju kesana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengulas blog : Sejarah blog, fungsi dan pengaruhnya"

Post a Comment