Sejarah Sistem Operasi Windows XP : Sistem operasi terbaik sepanjang masa

Tutorial-pc.com - Salah satu dari sekian banyak Sistem operasi yang diciptakan oleh perusahaan raksasa Microsoft yaitu Windows XP. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi generasi ke 5 dari Microsoft. Kok bisa saya mengatakan generasi ke-5? Kalau di urut dari Sistem operasi Windows 7, sistem operasi windows Vista adalah sistem operasi ke-6 dan vista muncul setelah Windows XP. Jadi cukup wajar bukan apabila saya mengatakan generasi ke-5.

"Untuk diketahui fungsi sistem operasi sebagai media penghubung antara perangkat keras (hardware), aplikasi komputer dan pengguna komputer, mengelola sumber daya yang ada didalam komputer dan sebagai pengendali komputer."

Apakah ada yang tahu kalau XP itu merupakan sebuah singkatan kata? mungkin hanya sebagian saja bukan? XP merupakan kependekan dari kata Experience. Windows XP pertama kali di luncurkan pada tanggal 25 Oktober 2001. Windows XP merupakan penerus dari Windows 2000 dan ME (milenium Edition).
www.tutorial-pcmu.blogspot.com
Windows XP

Namun walaupun sistem operasi ini cukup berumur, bahkan sudah banyak penggantinya dari Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1 dan versi terbaru yaitu Windows 10, tetapi kenyataannya masih cukup banyak orang yang menggunakannya. Tidak percaya? silahkan Anda melakukan survei ke beberapa pengguna komputer atau untuk browsing untuk lebih jelasnya.



Beberapa Edisi dari Sistem Operasi Windows XP

Sistem operasi Windows XP sendiri memiliki banyak varian. Dan edisi windows XP diperuntukkan untuk beberapa pengguna komputer. Berikut jenis-jenis dari sistem operasi Windows XP.
  • Windows XP Starter Edition
  • Windows XP Home Edition
  • Windows XP Profesional Edition
  • Windows XP Media Center Edition
  • Windows XP Tablet Edition
  • Windows XP Profesional x64  Edition
  • Windows XP Profesional x64-bit Edition for Itanium 


Windows XP Starter Edition

Windows XP Starter Edition adalah versi Windows XP Home Edition yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa lokal masing-masing suatu negara dengan menggunakan LIP (langguage Interface Pack). Cukup banyak bahasa yang digunakan oleh sistem operasi xp edisi ini, salah satunya dukungan terhadap Bahasa Indonesia. Tujuannya Microsoft sendiri untuk memerangi sistem operasi berbasis linux.

Windows XP Home Edition

Windows XP Home edition lebih ditujukan untuk pengguna komputer rumahan. Walaupun sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara Windows XP Home Edition dengan profesional Edition, karena pada dasarnya basis yang pembuatannya pun sama.  Kekurangan windows xp ini sendiri terletak pada fitur jaringan dimana sistem ini tidak mendukung banyak pengguna seperti halnya Windows XP Profesional. Cukup wajar mengingat target pengguna dari sistem operasi ini.

Windows XP Profesional 

Windows XP Profesional merupakan edisi windows xp yang memiliki banyak fitur apabila dibandingkan dengan Windows XP Home Edition. Salah satunya adalah sistem operasi ini bisa terhubung dalam satu jaringan dengan domain yang dikelola oleh active directory miliknya Microsoft Windows Server 2003. Sistem operasi ini pun bisa dijadikan komputer server dengan maksimal 10 klien yang bisa log in secara bersamaan.

Windows XP Media Center Edition

Pada dasarnya sistem operasi ini tidak jauh berbeda dengan edisi windows xp yang lainnya, hanya saja ada beberapa fitur yang ditambahkan didalamnya, seperti dukungan perekam video pribadi. Sistem operasi Windows XP Media Center Edition ini juga lebih dikhususkan untuk perangkat semacam Hi-Fi.

Windows Tablet Edition

Mendengar tablet pasti sobat komputer mengetahui fungsi dari sistem ini? ya, sistem operasi ini sendiri ditujukan untuk digunakan pada sebuah tablet komputer. Bentuk tablet komputer sangat minimalis. Contohnya adalah PDA (personal digital assistant) dengan kemampuan yang hampir setara notebook ataupun laptop.

Windows XP Profesional x64 Edition

Sistem operasi edisi ini lebih ditujukan untuk komputer yang telah menggunakan prosesor dengan dukungan x86-64. Kala itu prosesor yang mendukung sistem operasi ini sedikit terbatas. Contohnya adalah prosesor AMD dengan arsitektur AMD64 dan Intel pentium 4 EM64T (Extended Memory 64 bit Technology). Kelebihan dari sistem operasi edisi x64 adalah dukungan RAM sebesar 4GB atau lebih.

Windows XP Profesional x64 Itanium Edition

Dari namanya sudah terlihat bahwa sistem operasi ini didesain khusus untuk prosesor Intel Itanium. Prosesor Intel itanium termasuk kepada mikro prosesor dengan beberapa arsitektur bawaannya seperti EFI (Extensible Firmware Interface) dan GPT (Guid Partition Table). Salah satu kekurangan yang cukup dirasakan pada windows XP Profesional X64 Edition adalah tidak ada dukungan terhadap aplikasi multimedia karena memang windows ini tidak dibekali fitur tersebut. Salah satu kelebihannya sendiri terletak kepada komputasi tingkat tinggi kala itu seperti basis data dan aplikasi ilmiah.



Spesifikasi komputer untuk menjalankan Windows XP

Beberapa perangkat lunak komputer (software) meminta spesifikasi komputer untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan baik. Begitupun juga dengan sistem operasi Windows XP. Disini saya akan memberikan gambaran mengenai spesifikasi minimal komputer dan spesifikasi yang dianjurkan oleh pihak microsoft agar bisa menjalankan Windows XP dengan maksimal berikut dengan aplikasi yang telah terpasang didalamnya.
Spesifikasi minimal komputer untuk menjalankan Windows XP
  • Prosesor dengan kecepatan minimal 233MHz
  • RAM (random access memory) minimal 64MB (megabyte)
  • Ruang hard disk yang masih tersisa minimal 1,5GB (gigabyte) 
  • Memiliki CD-ROM 
  • VGA Card 16MB
  • Layar monitor dengan resolusi 800 x 600
Spesifikasi yang dianjurkan untuk menjalankan Windows XP
  • Prosesor dengan kecepatan 500Mhz
  • RAM minimal 128MB 
  • Ruang hard disk yang dibutuhkan adalah 2GB
  • CD-ROM
  • VGA Card (kartu grafis) 16MB
  • Layar monitor dengan resolusi 800 x 600
 Kalau membandingkan dengan spesifikasi rata-rata komputer saat ini memang sangatlah jauh. Cukup wajar mengingat sistem operasi Windows XP berumur 14 tahun. Namun lagi-lagi saya mengatakan sistem operasi ini merupakan salah satu sistem operasi windows yang belum tergantikan oleh sebagian pengguna komputer. Alasannya cukup sendiri ringan, stabil dan masih banyak aplikasi komputer yang bisa dijalankan di sistem operasi windows xp.



Kenapa disebut sebagai sistem operasi terbaik sepanjang masa?

Apakah ada yang setuju dengan pendapat saya? kalau iya silahkan berikan donasi, maaf bercanda. Saya rasa cukup pantas apabila kita mengatakan sistem operasi Windows XP dinobatkan sebagai sistem operasi ciptaan microsoft terbaik sepanjang masa.

Buktinya terlihat dari dukungan microsoft sendiri untuk Windows XP yang dihentikan pada april 2014 yang lalu. Terlihat disini betapa masih banyak pengguna komputer yang belum mau beralih ke sistem operasi terbaru, walaupun menurut pandangan saya sistem operasi yang cukup bisa mengambil alih sistem terbaik adalah Windows 7. Namun salah satu kekurangannya terletak kepada spesifikasi perangkat keras komputer yang lebih tinggi apabila dibandingkan windows xp.

Mungkin ini adalah penilaian pribadi saya. Namun saya berani jamin apabila diadakan pengambilan suara terbanyak untuk sistem operasi terbaik jawabannya adalah Windows XP. Bisa jadi suatu saat akan segera tergantikan.


Demikian artikel mengenai "Sejarah sistem operasi Windows XP : Sistem operasi terbaik sepanjang masa". Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua yang menggunakan sistem operasi windows.

Referensi artikel :
http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_XP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Sistem Operasi Windows XP : Sistem operasi terbaik sepanjang masa"

Post a Comment