Sejarah Windows 7 : Sistem operasi pengganti windows XP paling sempurna

www.tutorial-pcmu.blogspot.comTutorial-pc.com - Sistem operasi Windows 7, kalau kita lihat penamaan ini, secara tidak langsung kita bisa menebak bahwa sistem operasi Windows 7 adalah sistem operasi generasi ke-7 miliknya microsoft.

Yup, memang begitulah dari beberapa sumber yang saya bacapun, Windows 7 adalah generasi ke-7. Sistem operasi ini dirilis oleh microsoft pada akhir tahun 2009 tepatnya pada tanggal 22 Juli 2009, untuk menggantikan sistem operasi Windows Vista yang terlalu banyak kekurangannya.

Sebelum dinamakan Windows 7, sistem operasi ini dikenal dengan nama Black Comb, Viena. Awal saya mengenal windows 7 saya merasakan sesuatu hal yang cukup berbeda dibandingkan windows Vista. Waktu itu saya menggunakan komputer dengan spesifikasi lumayan cukup untuk menjalankan windows vista maupun Windows 7, namun yang saya rasakan Windows 7 berjalan lebih responsif dan lebih baik dibandingkan Windows Vista.

Hal tersebut membuat saya langsung beralih ke sistem operasi Windows 7 dan meninggalkan Windows Vista. Cukup wajar memang, beberapa bug di windows Vista sendiri telah diperbaiki di Windows 7.



Beberapa Edisi dari Sistem Operasi Windows 7 yang dirilis

Seperti halnya sistem operasi windows sebelumnya, sistem operasi Windows 7 pun memiliki banyak edisi untuk target pengguna komputer masing-masing. Berikut edisi sistem operasi Windows 7 yang dirilis.
  • Windows 7 Starter 
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Profesional 
  • Windows 7 Ultimate 
  • Windows 7 Enterprise


Windows 7 Starter Edition 

Seperti halnya Windows XP, sistem operasi Windows 7 Starter Edition lebih ditargetkan kepada pengguna komputer yang tidak menginginkan terlalu banyak fitur. Cukup wajar memang, windows 7 versi ini harganya pun termasuk paling murah diantara Windows 7 edisi yang lain. Biasanya sudah di bundling langsung dengan notebook/laptop baru.  Satu hal yang saya rasakan ketika menggunakan sistem operasi ini, kita tidak bisa mengganti wallpaper desktop, sudah terkunci dari sistem tersebut. Harganya sendiri berkisar 500 ribu rupiah kala itu. Cukup murah bukan?


Windows 7 Home Basic

Targetnya kurang lebih sama dengan Windows 7 Starter Edition namun dengan beberapa fitur yang lebih baik. Diantaranya kita bisa mengganti wallpaper desktop. Beberapa kekurangan yang dimiliki Windows 7 versi ini antara lain belum mendukung Windows Aero, tidak ada games, tidak ada dukungan multi touch, dan kita tidak bisa membuat homegroup baru. Harga yang ditawarkan pada saat itu adalah 800 ribu rupiah, lebih mahal sedikit dengan Windows 7 Starter Edition.


Windows 7 Home Premium

Targetnya untuk semua pengguna komputer. Memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan dua versi sebelumnya seperti Aero glass, Aero Background, Windows touch, bisa membuat home group baru, dan premium games. Harga yang ditawarkan untuk sistem operasi Windows 7 Home Premium ini berkisar 1,1 juta rupiah.

  
Windows 7 Profesional Edition

Semakin ke atas jelas memiliki fitur yang lebih baik lagi. Target user nya pun untuk mereka yang bergerak di bidang IT kelas menengah. Salah satu kelebihannya adalah Windows XP Mode, dimana kita bisa membuka sistem operasi Windows XP dengan tetap menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama. Sistem operasi ini memiliki semua fitur yang ada pada sistem operasi edisi dibawahnya dengan beberapa fitur utama yang telah saya sebut tadi. Harga yang ditawarkan pun berkisar 1,5 juta rupiah. Selisih harganya cukup jauh.


Windows 7 Ultimate 

Targetnya lebih khusus untuk retail market. Semua fitur pada sistem operasi Windows 7 dibawahnya pun dimiliki oleh sistem operasi Windows 7 ultimate dengan beberapa penambahan fitur seperti Bitlocker, Bitlocker To Go, App Locker, Branche Cache, MUI language packs, booting dari VHD, dan direct access. Untuk harganya saya sendiri tidak terlalu ingat, kalau saya tidak salah sistem operasi edisi ini dijual dengan harga 1,9 juta rupiah.


Windows 7 Enterprise

Targetnya untuk pelanggan bisnis. Fiturnya pun kurang lebih sama dengan Windows 7 Ultimate. Tidak banyak info yang bisa saya berikan untuk sistem operasi edisi ini. Untuk harganya sendiri malah saya tidak mengetahuinya. Mungkin kisaran harganya pun tidak jauh berbeda dengan Windows 7 Ultimate.



Beberapa fitur yang dimiliki oleh Sistem Operasi Windows 7

Seperti halnya sistem operasi Windows Vista, sistem operasi Windows 7 pun menawarkan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh sistem operasi windows sebelumnya, diantaranya.
  • Windows Taskbar yang lebih baik dibandingkan miliknya Windows Vista. 
  • Jumpt list, fungsinya untuk memudahkan pengguna membuka aplikasi yang sedang berjalan dengan cara cepat hanya dengan sekali klik
  • Snap, fitur ini untuk membuka aplikasi secara berbarengan dan bersebelahan layaknya kita memiliki dua monitor dengan aplikasi yang berbeda. 
  • Parental Control, fungsinya untuk membatasi pengguna komputer khususnya anak-anak dalam menggunakan komputer. Seperti waktu dan lamanya akses untuk menggunakan komputer. 
  • Windows Media Center, dengan fitur ini kita bisa merekam acara TV dan menontonnya. 



Kelebihan dan kekurangan dari Sistem Operasi Windows 7

Sistem operasi Windows 7 seperti sistem operasi windows sebelumnya memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan.
Berikut kelebihan dari Sistem Operasi Windows 7
  • Booting yang lebih cepat, cukup terasa waktu booting (hidup awal komputer) yang lebih cepat dibandingkan sistem operasi Windows Vista karena banyaknya loading di vista dan pengurangan beban di windows 7
  • Lebih irit dalam konsumsi daya khususnya pengguna komputer portable alias laptop atau notebook. Cukup wajar mengingat di Windows 7 pengaturan gadget atau pun beberapa fitur di Windows vista sebagian
  • Fitur keamanan yang lebih baik. 
  • Sudah menggunakan directx versi terbaru yaitu DirectX versi 11, directx sendiri lebih dikhususkan untuk API seperti games. Dengan directx 11, game-game yang telah mendukung directx 11 dan juga perangkat kerasnya tampilan game nya lebih terlihat realistis.
  • Sistem pencarian data yang lebih disempurnakan
Kekurangan dari Sistem Operasi Windows 7
  • Sebagian aplikasi yang telah berjalan di windows sebelumnya, tidak bisa dijalankan di Windows 7
  • Sebagian perangkat keras langsung bisa di deteksi dengan baik Windows Vista namun tidak dengan Windows 7
  • Bug pada Windows Media Player 12 miliknya Windows 7




Spesifikasi komputer untuk menjalankan Sistem Operasi Windows 7

Seperti sistem operasi windows sebelumnya, ada syarat minimal spesifikasi komputer dan juga syarat spesifikasi komputer yang dianjurkan untuk menjalan sistem operasi Windows 7.

Berikut spesifikasi minimal komputer untuk Windows  7
  • Prosesor dengan kecepatan minimal 1GHz (32-bit dan 64-bit)
  • RAM minimal 1GB (32-bit) dan 2GB (64-bit)
  • VGA Card yang telah mendukung directx 9 dan WDDM driver model 1.0
  • Ruang Hard disk sebesar 16GB (32-bit) dan 20GB (64-bit)
  • DVD-ROM 
Spesifikasi yang dianjurkan untuk menjalankan Windows 7
  • Prosesor dengan kecepatan 2GHz (32-bit dan 64-bit), lebih saya sarankan penggunaan prosesor dual core
  • RAM 2GB (32-bit) dan 4GB (64-bit)
  • VGA Card yang telah mendukung directx 11
  • Ruang Hard disk sebesar 40GB
  • DVD-ROM
Kalau dilihat spesifikasi komputer saat ini, Windows 7 akan berjalan sangat mulus, mengingat spesifikasi laptop atau notebook keluaran terbaru terbilang lebih tinggi dibanding spesifikasi komputer minimal yang diminta windows 7.



Kenapa disebut sebagai pengganti Windows XP?

Ini merupakan pendapat pribadi saya. Walaupun sistem operasi windows 7 ada penggantinya yaitu Windows 8, Windows 8.1 (blue) dan Windows 10, namun ternyata masih banyak juga pengguna bertahan menggunakan sistem operasi ini. Dengan alasan, sistem operasi Windows 7 teknologinya pun tidak kalah ketinggalan dibandingkan dengan sistem operasi terbaru sekalipun. Dan memiliki kompatibilitas yang lebih baik, entah itu driver maupun aplikasi komputer. 



Demikian artikel "Sejarah Windows 7 : Sistem Operasi pengganti Windows XP paling sempurna". Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan mengenai sistem operasi Windows buatan Microsoft.

Referensi Artikel :
http://ebsoft.web.id/windows-7-starter-home-basic-premium-professional-enterprise-dan-ultimate/
http://ryanandipranata.blogspot.com/2010/10/kelebihan-dan-kekurangan-windows-7.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Windows 7 : Sistem operasi pengganti windows XP paling sempurna"

Post a Comment