Sejarah Mouse Komputer dan perkembangannya

www.tutorial-pcmu.blogspot.comTutorial-pc.com - Berbicara soal mouse tidak akan lepas dari yang namanya Kursor. Yup, mouse ini fungsinya untuk menggerakan kursor. Mouse dalam bahasa Indonesia yang sesungguhnya adalah tikus.

Namun agar pengguna komputer tidak salah mengartikannya, maka mouse komputer disebut dengan tetikus.


Sebagian pengguna komputer tidak perduli kenapa mouse disebut dengan tetikus. Maksudnya seperti ini, kenapa perangkat yang satu ini disamakan dengan tikus? Sebenarnya ada alasan khusus. Salah satunya adalah bentuk mouse itu sendiri. Coba di lihat secara baik-baik, mouse tersebut mirip sekali dengan tikus secara bentuk, dan lincah lari kursornya bagaikan tikus.
Bentuk mouse yang mirip dengan tikus
Bentuk mouse yang mirip dengan tikus

Mouse sendiri umumnya memiliki beberapa fungsi di dalamnya. Walaupun ada sebagian mouse yang memiliki banyak fungsi namun harganya lumayan tinggi. Berikut bagian mouse yang memiliki beberapa fungsi dan hal umum dijumpai pada standar mouse yang dijual.
  • Laser pada mouse berfungsi untuk menggerakan kursor sesuai yang kita inginkan.
  • Klik kiri memiliki beberapa fungsi yaitu klik kiri ganda membuka aplikasi komputer, klik kiri ditahan kemudian seret (drag & drop) kemudian di lepaskan untuk memindahkan file atau aplikasi atau bisa juga untuk memblok semua file
  • Klik kanan fungsinya untuk membuka menu options
  • Scroll (bagian tengah yang berputar) fungsinya sendiri untuk menaikan halaman atau menurunkannya, salah satu fungsi lainnya bisa membuka link hanya dengan menekan scroll layaknya klik kiri, tidak percaya? silahkan di coba ya sob.



Fungsi mouse secara umum. 

Seperti penjelasan saya sebelumnya mouse memiliki bagian tertentu dengan fungsi tertentu juga. Namun ada beberapa fungsi mouse secara umum. Berikut fungsi mouse.
  1. Memasukkan sebuah perintah (input) dengan cara menggeserkan mouse pada permukaan yang datar. 
  2. Sebagai penggerak pointer atau kursor yang ada di layar
  3. Untuk menggulung halaman atau istilahnya scrolling menggunakan tombol scroll (berada di tengah mouse)
  4. Memiliki fungsi Zoom Out (memperbesar) maupun Zoom In (memperkecil) tampilan lembar kerja namun dengan bantuan tombol di keyboard
  5. Membuka dan menutup aplikasi



Sejarah Mouse Komputer

Kalau sudah mengetahui fungsinya, rasanya mouse ini sangat sederhana namun tanpa mouse pekerjaan orang tidak bisa dilakukan dengan lebih cepat lagi. Walaupun begitu mouse memiliki sejarah yang cukup panjang dan pada awal di ciptakan harga mouse pada saat itu sangatlah mahal.  Ini dikarenakan harga produksi yang tinggi.

Mouse ditemukan oleh Douglas Engelbart. Beliau adalah seorang peneliti dari Stanford Research Institute pada tahun 1963. Pada awal di ciptakan bentuk mouse sangatlah berbeda dengan mouse yang ada saat ini. Bentuknya kotak, memiliki bahan dasar kayu dan memiliki dua gerigi logam sejajar dan memiliki satu tombol merah di sisinya. Hak paten ciptaan Douglas Engelbart disahkan pada tanggal 17 November 1970.

Bill english yang merupakan kolega Douglas Engelbart menemukan ide untuk mengoperasikan komputer menggunakan mouse yang dihubungkan ke komputer dan ditampilkan ke layar monitor. Dua tahun kemudian ketika Bill English bekerja untuk Xerox, Bill bersama dengan Jack Hawley dan juga tim reset mendesain ulang mouse. Bentuknya lebih kecil dari pada sebelumnya, memiliki dua tombol dan dua gerigi pada desain sebelumnya diganti dengan bola yang bisa berputar dari segala arah.

Xerox membutuhkan kurang lebih 9 tahun untuk segala penyempurnaan pada mouse tersebut. Pada tahun 1981, akhirnya xerox menjual secara masal mouse ciptaannya yang dijual secara paket beserta komputernya yaitu Xerox 8010. Namun harga yang terbilang tinggi membuat komputer tersebut kurang diminati pembeli. Harganya pada masa itu berkisar &20.000, kalau di rupiahkan kurang lebih 200 juta rupiah, Wow!

Disatu sisi, Steve Jobs yang merupakan pemilik Apple menganggap mouse sebagai perangkat yang menarik. Perusahaan desain Hovey kelley ditugaskan Steve Jobs untuk membuat mouse dengan harga lebih murah dan bisa di produksi secara masal. Pada tahun 1993 Apple berhasil memasarkan komputer bernama lisa berikut dengan mouse buatan mereka. Perbedaan antara mouse xerox dengan apple adalah mouse apple hanya menggunakan satu tombol dan menggunakan bola yang bebas bergerak.



Perkembangan mouse dari masa ke masa. 

Tahun 1981
Pada tahun ini, perusahaan Logitech yang berada di swiss berdiri. Saya yakin semua blogger sudah mengetahui logitech mengeluarkan beberapa produknya terutama mouse handal miliknya. Produk pertamanya dinamakan P4 yang diciptakan oleh Jean Daniel Nicoud. Kemudian dipasarkan pada tahun 1982.

Tahun 1983
Akhirnya perusahaan pembuat software ternama yaitu Microsoft ikut meramaikan membuat mouse. Pada saat itu mouse buatan microsoft dijual $195 US dollar. Kalau dirupiahkan sekarang berkisar 2 jutaan rupiah, suatu harga yang cukup mahal tentunya. Mouse buatan microsoft menggunakan dua tombol seperti mouse xerox. Salah satu kelemahannya pada waktu itu adalah mouse tersebut membutuhkan sebuah kartu tambahan untuk bisa terhubung kepada komputer. Namun akhirnya mouse tersebut disempurnakan dan menggunakan port serial untuk bisa terhubung ke komputer.

Tahun 1984
Perusahaan satu ini tidak ingin kalah bersaing dalam hal inovasi. Logitech menciptakan sebuah mouse tanpa kabel atau biasa disebut nirkabel pertama di dunia. Namun tidak sama dengan mouse nirkabel yang sekarang, mouse nirkabel logitech ini menggunakan infra merah dan membutuhkan receiver (penerima) yang harus di pasang pada komputer.

Tahun 1987
Perusahaan sekelas IBM pun akhirnya mengenalkan perangkat keyboard dan mouse yang menggunakan port PS/2.
Port PS/2
Port PS/2

Tahun 1995
ProAgio sebuah mouse ciptaan Mouse System merupakan mouse pertama yang menggunakan Scroll Wheel.

Tahun 1998
Perusahaan Apple akhirnya menciptakan perangkat mouse yang terhubung menggunakan konektor USB. Namun salah satu kekurangan dari produk apple ini adalah bentuknya yang bulat dan membuat penggunanya sedikit tidak nyaman. Namun dibalik kegagalan ini, muncul mouse lain yang menggunakan konektor yang sama.

Tahun 1998
Di tahun yang sama, Sun Microsystem menyempurnakan mouse yang menggunakan sensor laser. Awalnya mouse ini khusus di gunakan pada komputer milik mereka yaitu Sun SPARC Station Server dan Workstation.

Tahun 1999
Pada tahun berikutnya, Agilent Technologies berhasil mengembangkan mouse dengan sensor optik pertama tanpa harus menggunakan bantalan khusus. Teknologi ini akhirnya dilirik perusahaan besar seperti logitech, Microsoft maupun Apple.

Tahun 2004
Logitech bersama Agilent Technologies mengembangkan sebuah mouse yang menggunakan teknologi laser dan menjadi perangkat populer yang menggantikan teknologi LED. Mouse tersebut dinamakan logitech MX1000.

Tahun 2008
Tidak berhenti pada tahun-tahun sebelumnya, Microsoft pun menciptakan sebuah inovasi pada mouse. Mouse buatan microsoft menggunakan teknologi Blue track. Teknologi ini memungkinkan mouse tersebut bisa digunakan pada permukaan apapun. Bahkan mouse tersebut bisa digunakan di media kaca. Saya sendiri sudah pernah mencobanya dan hasilnya memang cukup baik.



Beberapa produsen gaming Mouse

Saat ini fungsi mouse pun semakin meningkat, tidak hanya klik kiri maupun klik kanan. Sebuah mouse pun bisa menyimpan suatu perintah didalamnya khususnya gaming mouse. Selain teknologi tersebut, gaming mouse pun memiliki sebuah pemberat yang bisa diatur sesuai keinginan. Beberapa produsen gaming mouse yang saat ini cukup populer yaitu.
  • Razer
  • Logitech
  • Steel Series
  • Genius
  • Corsair
  • Procatz
  • Thermaltake
  • Cooler Master
  • A4 Tech

Demikian artikel mengenai sejarah mouse komputer dan juga perkembangannya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Dahulu saya pernah membaca sebuah artikel dari majalah komputer yaitu salah satu kejadian lucu yang pernah ada. Kala itu, seorang wanita membeli satu unit komputer berikut dengan mousenya. Namun wanita tersebut tidak berani membuka komputer tersebut karena dikiranya ada sebuah mouse (tikus) didalam komputer, sampai akhirnya dijelaskan bahwa itu hanyalah sebuah istilah saja pada perangkat komputer.

Referensi Artikel :
  • http://www.pcplus.co.id/2014/03/fitur/sejarah-singkat-mouse-tetikus/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Mouse Komputer dan perkembangannya"

Post a Comment