Mempercepat kinerja komputer dengan sistem operasi windows

Tutorial-pc.com - Membaca judul mungkin ada yang protes, kok harus sistem operasi windows? kan ada juga sistem operasi lain? ya, benar, memang cukup banyak sistem operasi selain windows, tapi berdasarkan dari beberapa referensi yang saya baca, pengguna komputer di Indonesia, rata-rata menggunakan sistem operasi windows. Setuju bukan sob?

Yup, walaupun saat ini cukup banyak jenis sistem operasi windows, namun rata-rata pengguna komputer menggunakan sistem operasi windows XP, 7 dan 8. Untuk windows 10, sepertinya hanya sebagian saja. Disini saya akan memberikan tiga alternatif sekaligus yaitu Windows XP, Windows 7 dan Windows 8. Loh kok windows 10 gak masuk? untuk pengaturannya pada dasarnya sama saja, namun sedikit berbeda pada letaknya dan sebagian fitur yang memang di versi windows baru tidak ada.

Ada beberapa macam cara untuk mempercepat kinerja komputer. Salah satunya yaitu melakukan upgrade perangkat komputer, semisal RAM yang ditambah atau juga mengganti prosesor yang lebih kencang. Namun cara tersebut memerlukan biaya yang lebih bukan? kalau memang uang bukanlah suatu masalah besar, silahkan coba gunakan cara tersebut. Tetapi kalau ternyata uang kita tidak ada, silahkan ikuti tips dari saya untuk menjadikan kinerja komputer semakin lebih baik lagi.



Berikut beberapa tips untuk mempercepat kinerja komputer

Matikan beberapa fitur di windows

Fitur yang saya maksud adalah meminimalisir animasi-animasi yang digunakan sistem operasi windows agar terlihat lebih bagus. Cara yang paling cepat adalah dengan mengubah tema windows kita yang terlihat modern menjadi klasik. Namun apakah hanya satu cara saja dengan mengorbankan tampilan windows yang terlihat menarik tersebut? tenang, jangan langsung memilih cara yang ekstrim ya sob, cukup ikuti saja beberapa pengaturan yang saya berikan berikut tanpa harus mengorbankan tampilan windows. Berikut langkah-langkah mematikan fitur di windows

Windows XP
 Tampilan Windows XP untuk saat ini memang terasa ketinggalan. Namun tetap asyik untuk digunakan. Tetapi tampilan ini memiliki efek buruk bagi performa komputer, apalagi komputer yang kita gunakan spesifikasinya termasuk kurang mencukupi. Ingat faktor lambannya kinerja komputer dikarenakan terlalu banyak aplikasi atau bisa juga karena fitur-fitur pada windows XP semuanya digunakan.
Disini saya telah mencobanya, sedikit banyak membantu untuk kinerja komputer itu sendiri. Tampilan windowsnya pun tetap sama namun memiliki kinerja yang lebih baik. Untuk mematikan beberapa fitur pada windows XP caranya yaitu :

1. Klik Start>Control Panel>Performance and Maintenance>System atau bisa juga menggunakan tombol pintas WinKey + Pausebreak pada keyboard. Setelah muncul menu System, klik Tab Advanced, pada bagian Performance, klik Settings.

2. Pada bagian ini ada beberapa empat pilihan, pilih pada bagian "Adjust for best performance". Pilihan ini sendiri adalah membuat tampilan windows menjadi Classic (klasik). Tenang, ada yang harus kita atur agar tampilan tetap modern namun kinerja tetap wuss hehe..
Scroll ke bawah, sekarang centang pada bagian berikut :
  • Show Windows Contents Whille dragging
  • Smooth edges of screen fronts
  • Use common tasks in folders
  • Use drop shadows for Icon labels on the desktop
  • Use visual styles on windows and buttons. 
Mematikan sebagian visual pada Windows XP.jpg
Mematikan sebagian visual pada Windows XP

Kalau sudah, sekarang tinggal klik "OK" dan "OK" untuk menerapkan pengaturan tadi. Untuk diketahui, tampilan modern itu berada pada "Use visual sytles on windows and buttons", apabila pada bagian ini di non aktifkan, maka tampilan windows menjadi tampilan klasik. Bagian ini adalah pengecualian atau jangan di hilangkan apabila menginginkan tampilan / kinerja windows XP.

Windows 7
 Sedikit ada perbedaan mengatur tampilan pada Windows 7. Namun langkah-langkahnya pada dasarnya sama. Berikut cara mematikan fitur yang ada pada windows 7.
1. Klik Stat>Control Panel>System Security>System. Pada bagian System, pilih Advanced system settings. Maka akan terbuka System Properties. Pada bagian performance, klik Settings. Muncul jendela performance option.

2. Sama seperti halnya Windows XP, ada empat pilihan untuk pengaturan Visual pada windows 7. Namun disini saya memilih secara manual apa saja yang saya non aktifkan. Berikut beberapa fitur yang saya disable untuk mendapatkan tampilan / kinerja windows 7.
  • Animate windows when minimizing and maximizing
  • Animations in the taskbar and Start menu
  • Fade or slide menus into view
  • Fade or slide Tool/tips into view
  • Fade out menu items after clicking
  • Save taskbar thumbnail previews
  • Shows shadows under mouse pointer
  • Shows shadows under windows
  • Show translucent selection rectangle
  • Slide open combo boxes
  • Smooth-scroll list 
Mematikan sebagian visual pada Windows7.jpg
Mematikan sebagian visual pada Windows 7
Cukup banyak bukan yang harus kita disable demi mendapatkan tampilan dan performa terbaik dari sistem operasi windows 7? ingat, hal ini dilakukan apabila spesifikasi komputer kita memang kurang memadai. Mengingat beberapa aplikasi sekarang cukup rakus akan RAM sistem dan juga kemampuan prosesor. 

Windows 8/10
Ada perbedaan yang cukup mendasar antara Windows 8/8.1 dengan windows sebelumnya yaitu dihilangkannya "Start menu" yang selalu menemani sistem operasi Windows. Namun hal itu tentunya bukanlah suatu masalah yang cukup berarti. Toh Bill gates juga selalu mengantisipasi supaya pengguna sistem operasi Windows tidak merasa kesulitan dalam menggunakan sistem operasinya.
Untuk masuk ke control panel di windows 8/8.1 caranya sebagai berikut.
1. Klik kanan pojok kiri system operasi Windows, kemudian pilih Control Panel>System Security>System. Bisa juga menerapkan tombol kombinasi layaknya sistem operasi sebelumnya (Winkey + pausebreak).
2. Sama seperti Windows 7, namun perbedaannya fitur pada Windows 8/8.1 cukup banyak yang tidak digunakan. Namun tetap, untuk mendapatkan tampilan/ kinerja yang baik, wajib untuk mematikan beberapa fitur yang ada pada Windows 8/8.1. Berikut beberapa fitur yang saya matikan.
  • Animate windows when minimizing and maximizing
  • Animations in the taskbar
  • Fade or slide menus into view
  • Fade or slide Tool/tips into view
  • Fade out menu items after clicking
  • Save taskbar thumbnail previews
  • Shows shadows under mouse pointer
  • Shows shadows under windows
  • Show translucent selection rectangle
  • Slide open combo boxes
  • Smooth-scroll list
Mematikan sebagian visual pada Windows 8/8.1.jpg
Mematikan sebagian visual pada Windows 8/8.1

Terlihat jelas tidak jauh berbeda dengan sistem operasi Windows 7 bukan? yup, begitupun juga sistem operasi Windows 10. Hal yang sama pun bisa kita terapkan.



Gunakan aplikasi secukupnya (seperti antivirus)

Pernahkah melihat komputer seseorang yang memiliki banyak antivirus terpasang di komputernya? kalau iya sebenarnya hal tersebut terlalu berlebihan. Banyak dari mereka mengatakan, dengan memasang antivirus lebih dari 1 atau 2 bahkan ada juga yang 5 bisa melindungi komputer dari virus? apakah benar seperti itu? jawaban tidak. Antivirus yang terlalu banyak malah membebani komputer kita. Saat loading pun seluruh aplikasi antivirus ikut jalan di saat start up. Kemudian masalah penanganan virus, ketika salah satu antivirus mendeteksi adanya malware dan sejenisnya, terkadang antivirus lain pun melakukan hal yang sama. Lantas apa yang terjadi? aplikasi antivirus tersebut seperti saling bersaing.

Hal ini tidak baik. Saran saya, cukup memasang satu aplikasi antivirus namun memiliki kemampuan yang baik dan juga jangan lupa untuk memperbaharui database virusnya (update).Jangan lupa menjalankan defrag untuk memperlancar kinerja hard disk. Khusus defrag harddisk silahkan baca kembali artikel saya sebelumnya.
( baca : percepat kinerja harddisk dengan defragment secara berkala)



Lakukan pembersihan sampah pada windows

Sampah yang dimaksud disini adalah sisa-sisa registry yang masih ada di sistem padahal sistem tersebut tidak membutuhkannya lagi. Lantas bagaimana cara membuangnya? jangan di delete ya sob, hal tersebut akan merusak sistem operasi windows kita. Gunakan aplikasi yang khusus menangani sampah-sampah dalam sistem komputer kita. Tidak perlu menggunakan aplikasi yang berbayar, yang gratisan sudah cukup baik kok untuk pembersihan sampah pada windows.
Berikut saya berikan contoh sampah-sampah didalam sistem operasi windows
  • Seringnya melakukan instalasi dan uninstal aplikasi komputer sehingga meninggalkan sampah didalam sistem
  • Seringnya kita membuat folder baru, menghapusnya, dan mengisi kembali drive dan membuangnya kembali
  • Seringnya kita browsing dengan membuka banyaknya TAB, kemudian melakukan aktifitas lain-lainnya. hal ini juga bisa mengakibatkan sampah pada sistem 
Berikut aplikasi yang saya anjurkan
  • CCleaner
  • Advanced System Care
  • Wise Registry Cleaner
Semua aplikasi yang sebutkan diatas, ukurannya tidak terlalu besar. Namun masalah kemampuannya tidak bisa kita remehkan. Bahkan fitur didalamnya cukup lengkap. InsyaAllah di lain artikel nanti akan saya bedah satu persatu kemampuan aplikasi-aplikasi tersebut.



Matikan Aplikasi pada saat Start Up dan juga servicesnya

Hal ini berguna disaat komputer dihidupkan pertama kalinya. Komputer akan merespon lebih cepat dikarenakan tidak terlalu banyak aplikasi yang turut terbuka ketika masuk ke dalam windows. Untuk bagian ini sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Silahkan dibaca-baca kembali
(baca : Membuat booting Windows lebih cepat dari sebelumnya)


Dengan melakukan settingan diatas, kinerja komputer kita akan lebih baik lagi. Hal ini dikarenakan beberapa fitur yang aktif tersebut secara tidak langsung menggunakan RAM sistem terlalu banyak, akhirnya membebani kemampuan komputer. Semoga tips "Mempercepat kinerja komputer dengan sistem operasi windows" bisa bermanfaat dan bisa diterapkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mempercepat kinerja komputer dengan sistem operasi windows"

Post a Comment