Merakit komputer gaming harga 5 jutaan 2015

Tutorial-pc.com - Banyaknya permintaan teman saya mengenai PC atau Komputer gaming dengan harga hanya 5 jutaan saja, membuat saya melakukan update kembali artikel pada blog ini. Ingat, semakin besar biaya yang kita keluarkan untuk komputer gaming, maka spesifikasinya akan lebih baik lagi kemampuannya. Bahkan komputer gaming dengan spesifikasi paling tinggi bisa memakan biaya sampai ratusan juta. Wow! harga yang fantastis bukan?
( baca : merakit komputer gaming harga 4 jutaan 2015 )

Kembali lagi ke ulasan komputer gaming dengan harga 5 jutaan. Patokan harga disini adalah di atas lima juta namun tidak sampai enam juta. Bagi yang sudah mengikuti beberapa artikel sebelumnya, mungkin sudah membaca mengenai komputer gaming harga 2 - 4 jutaan. Silahkan dibuka kembali untuk dijadikan perbandingan spesifikasi yang akan saya racik kali ini.

Disini saya berusaha semaksimal mungkin memberikan racikan yang paling baik. Harapannya adalah game-game yang akan kita mainkan bisa berjalan mulus walaupun masih saja settingannya disesuaikan. Untuk perangkatnya sendiri, saya lebih memilih perangkat baru dengan alasan garansi yang terjamin dibandingkan kondisi bekas.

Seperti biasanya, ada dua opsi yang saya berikan. Komputer yang menggunakan prosesor dari AMD dan juga dari Intel. Begitupun VGA Card dari nvidia dan juga AMD Radeon. Untuk spesifikasi lainnya kurang lebih sama. Namun perbedaan yang paling kentara adalah spesifikasi rakitan komputer AMD lebih tinggi dari Intel.

Komputer Gaming Harga 5 Jutaan Intel

Saya telah mencoba untuk menggunakan prosesor Intel core i5, namun ternyata anggaran yang dikeluarkan membengkak. Akhirnya keluar dari tujuan utama yaitu membangun komputer gaming 5 jutaan. Hal ini dikarenakan harga prosesor Intel Core i5 yang masih diatas 2 juta. Sangat tidak mungkin untuk meracik komputer gaming 5 jutaan dengan menambahkan VGA Card.

Mungkin lain waktu nanti prosesor ini bisa diterapkan. Lagi-lagi saya masih mengandalkan prosesor Intel Core i3 haswell namun dengan spesifikasi lebih tinggi sedikit dibandingkan yang sebelumnya. Untuk yang lain saya usahakan lebih baik dari sebelumnya.

Perubahan yang paling kentara disini adalah jenis prosesor Core i3 yang saya gunakan lebih tinggi. Kemudian VGA Card dengan kemampuan yang lebih baik. Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting, casing + PSU yang saya gunakan sudah lumayan. Walaupun saya tahu PSU dari casing dazumba tidaklah terlalu bagus, namun lebih baik dibandingkan merk-merk lainnya.

Berikut spesifikasi lengkap komputer gaming Intel harga 5 jutaan.
  • Prosesor Intel Core i3 4170 3.7Ghz
  • Mainboard H81
  • RAM 8GB DDR3
  • Harddisk 500GB SATA
  • VGA Nvidia GTX 750 OC 2GB DDR5 128bit
  • Casing Dazumba + PSU 380W
  • Monitor dengan layar 16" resolusi HD 
  • Keyboard + Mouse Standar
Dari spesifikasi diatas, kemampuannya sudah pasti lebih baik. Karena kasta VGA card yang saya gunakan jauh diatas GT 730. Dan untuk urusan penampilan, sudah lebih baik dibandingkan sebelumnya. 
Komputer Gaming AMD Harga 5 jutaan.jpg
Komputer Gaming AMD Harga 5 jutaan



Komputer Gaming AMD Harga 5 jutaan 

Sama seperti halnya komputer gaming dari Intel, saya pun tidak bisa menaikkan prosesor yang digunakan. Apalagi kelas prosesor dari AMD cukup terbatas. Disini saya sengaja tetap menggunakan prosesor AMD Vishera FX 6300 dengan spesifikasi lain yang ditingkatkan. Perbedaan terletak dari VGA Card dan juga harddisk yang lebih besar dibandingkan Intel. 

Untuk spesifikasi yang lainnya pun saya terapkan hal yang sama antara Intel dan AMD. Walaupun begitu, saya berusaha untuk mencari perangkat yang tetap masuk dengan range harga yang ditentukan yaitu tidak sampai 6 juta rupiah. 

Berikut spesifikasi lengkap komputer gaming AMD harga 5 jutaan 
  • Prosesor AMD Vishera FX 6300 3.5 Ghz
  • Mainboard A960
  • RAM 8GB DDR3
  • Harddisk 1TB
  • VGA AMD Radeon HD R7 250X 2GB DDR5 128bit
  • Casing Dazumba + PSU 380W
  • Monitor dengan layar 16" resolusi HD 
  • Keyboard + Mouse Standar
Dengan spesifikasi diatas, tidak jauh berbeda dengan Intel, kemampuan gaming lebih baik dibandingkan rakitan dibawah 5 jutaan. Walaupun pada dasarnya racikan kali ini hampir menyentuh harga 6 juta rupiah. Namun selisih harga 100-150 ribu cukup berarti bukan?
Komputer Gaming Intel Harga 5 jutaan.jpg
Komputer Gaming Intel Harga 5 jutaan


Merakit komputer gaming dengan uang hampir 6 juta, spesifikasi yang didapatpun cukup terlihat perbedaannya bukan? yup, itulah indahnya merakit komputer sendiri. Masalah merk silahkan disesuaikan. Tidak harus sama dengan yang saya rakit. Racikan komputer yang pernah saya share sebelumnya juga hanya acuan saja. Minimal kita bisa tahu spesifikasi yang kita inginkan dan uang yang kita punya.

Masalah harga sendiri jangan dijadikan patokan standar ya, karena setiap toko harganya pasti berbeda. Tetapi tidak terlalu jauh dari harga yang telah saya berikan. Dan ini pun tergantung nilai tukar rupiah terhadap dollar. Mudah-mudahan krisis ekonomi yang melanda negara kita saat ini segera teratasi. Dan hobby merakit komputer pun bisa terpuaskan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merakit komputer gaming harga 5 jutaan 2015"

Post a Comment