Percepat kinerja Harddisk dengan defragment berkala

www.tutorial-pc.comTutorial-pc.com - Komputer yang sering kita gunakan terkadang seringkali meninggalkan sampah-sampah pada sistem operasi windows. Terlebih lagi bagi kita yang terlalu sering mencoba aplikasi terbaru, ataupun seringnya kita menghapus dan mengisi data.
(baca : mengetahui harddisk yang bad sector)

Proses Instal atau Uninstal sendiri akan meninggalkan bekas, begitu juga proses penghapusan dan pengisian data yang berulang pada hard disk akan meninggalkan bekas di registry. Hal ini tentunya tidak baik apabila kita tidak melakukan penataan secara rutin.

Lantas apa hubungannya secara langsung dengan kinerja hard disk? Saya berikan ilustrasi sederhana mengenai harddisk dan data yang ada di dalam hard disk.
"Hard disk ibaratkan sebuah ruangan (ada WC, ada tempat tidur dan juga tempat kerja pribadi), sedangkan data-data tersebut adalah barang-barang yang mengisi ruangan seperti meja kerja, kursi, sapu, vacum cleaner, komputer, kipas angin ataupun barang lainnya. Ada dua situasi yang menggambarkan ruangan tersebut.
  1. Ruangan tersebut rapi, barang-barang tersebut ditata sebagus mungkin
  2. Ruangan tersebut berantakan, barang-barang yang ada pada ruangan tersebut tercecer dan berserakan dimana-mana. 
Tatkala kita ingin pergi ke WC dengan melewati ruangan kerja terlebih dahulu dengan kondisi ruangan rapi, maka kita tidak dihalangi oleh barang-barang yang ada, karena tersusun rapi pada tempatnya. Lantas apa yang terjadi ketika kita ingin pergi ke WC, namun barang-barang yang ada pada ruangan berserakan?butuh waktu yang lama bukan?"

Begitulah kondisi dimana hard disk tersebut mengalami fragmentation. Data-data berserakan menjadikan kinerja harddisk lebih berat. Dan dengan melakukan defragmentation, data-data didalam harddisk akan disusun kembali dan secara tidak langsung akan meringankan beban harddisk. Dan imbasnya adalah kinerja komputer akan lebih terasa cepat dibandingkan sebelum melakukan defrag.

Untuk diketahui, defragment dilakukan apabila kita menggunakan harddisk konvensional bukan SSD. Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, defragment pada harddisk berjenis SSD bukan mempercepat kinerjanya melainkan malah mempercepat kerusakannya. Jadi defragment tidak dilakukan di harddisk SSD.

Disini saya memberikan dua pilihan defragment. Pertama, kita bisa melakukan defragment pada harddisk menggunakan aplikasi yang ada pada sistem Windows atau juga kita bisa memasangkan aplikasi yang khusus melakukan defragment harddisk. Salah satunya "Defraggler". Aplikasi ini bersifat gratis dan cukup mudah untuk digunakan.



Defragment hard disk menggunakan Windows XP

1. Klik start, kemudian klik pada "My Computer". Pilih salah satu drive yang akan dilakukan defragment. Untuk contoh disini, saya hanya menggunakan satu partisi saja dan secara otomatis hanya ada drive C.

2. Klik kanan pada drive C, kemudian pilih properties. Akan muncul jendela baru, silahkan klik pada bagian Tab Tools, cari dan klik "Defragment now". Setelah itu muncul lagi jendela disk defragmenter. Sebelum melakukan defragment pada harddisk ada baiknya untuk melakukan analisa terlebih dahulu dengan mengklik "Analyze". Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah drive tersebut perlu dilakukan defragmentation atau tidak.
Hasil analisa drive yang akan di defragment.jpg
Hasil analisa drive yang akan di defragment

3. Setelah dilakukan analisa dan hasilnya butuh di defrag, silahkan klik "Defragment". Selama melakukan proses defragment, ada baiknya untuk tidak melakukan aktifitas lainnya. Tunggu hingga selesai. Dan rasakan perbedaan kinerja komputer kita. Komputer akan terasa lebih cepat bukan?
Perbedaan sebelum dan sesudah di defrag.jpg
Perbedaan sebelum dan sesudah di defrag
Note : 
  • Warna merah merupakan file yang terfragmentasi 
  • Warna hijau merupakan file yang tidak bisa dipindahkan


Defragment hard disk menggunakan Windows 7/8/10

1. Untuk melakukan defragment drive pada Windows 7, langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan windows XP. Hanya saja sedikit perbedaan tampilan pada windows 7 dan penamaan pada windows 8. Silahkan klik Start, kemudian pilih "My Computer" dan lakukan hal yang sama seperti Windows XP.

2.  Seperti halnya windows XP, silahkan di analisa terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi drive tersebut. Klik "Analyze disk", kemudian tunggu hingga muncul hasil analisanya. Akan ada hasilnya, berapa persen drive tersebut mengalami fragmentation. Kalau ternyata hasilnya cukup tinggi silahkan dilakukan defragment dengan klik "Defragment disk".
Defragment drive pada windows 7.jpg
Defragment drive pada windows 7
3. Lamanya proses defragment hard disk tergantung dari seberapa parah tingkat fragmentation sebuah harddisk. Jadi, kembali lagi saya sarankan untuk menunggu defragment hingga selesai.
Proses deframent pada Windows 7.jpg
Proses deframent pada Windows 7



Menggunakan aplikasi Defragment

Cukup banyak aplikasi bersifat gratis namun memiliki fitur-fitur yang lebih baik apabila dibandingkan aplikasi dari windows itu sendiri. Salah satunya adalah Auslogics Disk Defrag. Filenya tidak terlalu besar dan aplikasi ini sangatlah mudah untuk digunakan. Bagi yang belum memilikinya, silahkan pasang terlebih dahulu. Saya menggunakan Auslogics Disk Defrag versi 6.0.

1. Instal terlebih dahulu aplikasi Auslogics Disk Defrag 6.0 seperti biasanya. Cukup klik instal>next>finish. Secara otomatis aplikasi tersebut akan terbuka. Sekarang centang terlebih dahulu drive yang akan dilakukan defrag. Kemduian klik segitiga pada tulisan "Defrag" dan klik "Analyze". Seperti halnya aplikasi windows disk defrag, aplikasi ini akan menganalisa seberapa parah fragmentasi pada hard disk komputer kita. Ditunjukkan dengan berapa banyak warna merah yang ada pada harddisk.
Hasil analisa file yang terfragmentasi.jpg
Hasil analisa file yang terfragmentasi

2. Bisa terlihat pada gambar diatas, bahwa ada beberapa titik merah yang ditunjukkan. Titik merah tersebut adalah file yang terfragmentasi. Setelah melakukan analisa, silahkan klik "Defrag". Tunggu hingga selesai. Untuk proses defrag sendiri, memang terasa lebih mengasyikan dengan aplikasi tambahan dibandingkan aplikasi yang ada pada sistem operasi.
Hasil defragment menggunakan Auslogics disk defrag.jpg
Hasil defragment menggunakan Auslogics disk defrag

Tidak terlalu sulit bukan untuk melakukan defragment pada harddisk? kalau ada yang beralasan sibuk, silahkan luangkan waktu sebentar untuk melakukan perawatan berkala pada hard disk komputer kita. Harap untuk diperhatikan, melakukan defragment memberikan beban yang cukup berat pada harddisk. Defragment yang terlalu sering dilakukan pun tidak baik, hal ini akan memperpendek usia harddisk. Ada baiknya untuk melakukan secara teratur seperti dua bulan sekali, atau 5 bulan sekali.

Semoga tutorial "Percepat kinerja harddisk dengan defragment berkala" ini memberikan manfaat yang berarti bagi yang membutuhkannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Percepat kinerja Harddisk dengan defragment berkala"

Post a Comment