Membuat booting Windows lebih cepat dari sebelumnya

Tutorial-pc.com - Booting merupakan proses dimana saat komputer dinyalakan sampai pada akhirnya masuk ke sistem operasi dan siap untuk digunakan. Sederhananya, booting adalah proses hidup komputer. Nah tujuan saya disini adalah memberikan tips untuk mempercepat booting saat masuk windows dari sebelumnya. Jadi dengan sedikit tips ini, bisa membuat perubahaan waktu booting pada komputer kita.

Ingat, waktu booting setiap komputer terkadang berbeda-beda. Hal ini cukup wajar, karena spesifikasi dan juga pengaturan pada BIOS komputer seseorang mungkin tidaklah sama. Namun tetap saja tips ini bisa diterapkan. Untuk booting BIOS silahkan baca artikel saya sebelumnya.
(baca : membuat Booting komputer lebih cepat)

Karena banyaknya sistem operasi yang digunakan, maka saya memberikan minimal 3 contoh sistem operasi sekaligus seperti Windows XP, Windows 7 dan Windows 8. Untuk windows 10, penerapannya sama seperti Windows 8, jadi saya rasa tidak perlu diberikan contoh.



Percepat booting Windows XP

1. Buka menu run dengan cara, klik start kemudian klik "run" pada startmenu. Kalau seandainya tidak ada, silahkan gunakan tombol kombinasi Winkey + R. Pada kotak dialog run, ketikkan "msconfig" tanpa tanda petik ya. Kemudian tekan enter atau ok. Setelah muncul jendela msconfig, masuk kebagian "Startup". Silahkan dipilih aplikasi yang tidak penting untuk tidak dimunculkan pada saat booting, dengan menghilangkan centang pada kotak tersebut.
Contoh dari saya :
  • YoucamService
  • YahooMessenger
Mematikan aplikasi yang tidak penting di start up Windows XP.jpg
Mematikan aplikasi yang tidak penting di start up Windows XP

2. Langkah selanjutnya adalah mematikan services yang dirasa tidak perlu. Klik tab "services", Ingat, untuk berhati-hati jangan sampai kita salah mematikan services, nanti bisa mempengaruhi kestabilan windows itu sendiri. Ada baiknya untuk mencentang pada bagian "Hide All Microsoft Services". Sama seperti bagian start up, silahkan dipilih program yang dirasa tidak penting.
Disini sebagai contoh program yang saya matikan services nya yaitu :
  • Adobe flash player update service
  • Foxit Cloud service
  • Machine debug manager
  • Microsoft office diagnostics services
  • Office source engine
Mematikan services aplikasi yang tidak penting di windows XP.jpg
Mematikan services aplikasi yang tidak penting di windows XP



Percepat booting Windows 7

1. Lakukan hal yang sama seperti sistem operasi windows 7, dengan klik Start>RUN dan mengetikkan "MSCONFIG". Setelah muncul klik "Startup" dan hilangkan centang yang dirasa tidak perlu. Tidak jauh berbeda seperti halnya Windows XP, saya juga melakukan hal yang sama untuk Windows 7.
Mematikan aplikasi yang tidak penting saat start up Windows 7.jpg
Mematikan aplikasi yang tidak penting saat start up Windows 7
2. Tidak ada perbedaan yang signifikan antara Windows XP dan Windows 7, penerapan untuk bagian services pun sama. Silahkan dibaca-baca lagi caranya diatas. Untuk bagian services aplikasi pun sama (disini saya memasang aplikasi yang sama).
Mematikan services aplikasi pada windows 7.jpg
Mematikan services aplikasi pada windows 7


Percepat booting Windows 8/8.1/10

Nah untuk ketiga sistem operasi terbaru dari Microsoft ini sendiri sedikit berbeda bila dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya. Untuk masuk kebagian start up, cukup kita buka Task Manager dengan cara klik kanan area kosong pada taskbar, kemudian pilih task manager. Setelah terbuka, maka kita bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang aktif.
Task manager Windows 8/8.1/10.jpg
Task manager Windows 8/8.1/10

Namun untuk masuk kebagian start up, kita harus klik pada bagian "more details". Setelah itu, klik bagian start up, silahkan klik kanan pada aplikasi yang dirasa tidak penting, pilih "DISABLE". Kalau sudah cukup klik ok.
Mematikan services aplikasi pada windows 8/8.1/10.jpg
Mematikan services aplikasi pada windows 8/8.1/10

Setelah melakukan settingan seperti diatas, maka akan muncul jendela konfirmasi, silahkan pilih "restart" untuk merasakan perubahan kecepatan booting dari sebelumnya. Setiap komputer biasanya memiliki aplikasi yang tidak mungkin sama. Disini hanya sebagai contoh saja. Silahkan untuk perhatikan aplikasi apa saja yang tidak penting muncul di saat start up.

Khusus aplikasi "Antivirus" jangan dihilangkan pada saat start up. Hal ini untuk antisipasi agar aplikasi tersebut tetap jalan di background dan selalu memantau pergerakan virus. Semoga tips membuat booting windows lebih cepat dari sebelumnya ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat booting Windows lebih cepat dari sebelumnya"

Post a Comment