Merakit komputer gaming harga 4 jutaan 2015

Tutorial-pc.com - Melanjutkan artikel terdahulu, disini saya akan mencoba meracik komputer gaming dengan budget 4 jutaan. Harga rakitan komputer gaming kali ini diatas 4 juta namun tidak sampai 5 juta. Untuk rakitan kali ini, saya tidak memberikan opsi perangkat bekas, melainkan semua perangkat komputer dengan kondisi baru.
( baca : merakit komputer gaming harga 3 jutaan )

Seberapa kuatkah kemampuan gaming komputer dengan harga 4 jutaan? yang jelas tidak akan terlalu tinggi kemampuannya namun masih bisa memainkan game-game terbaru sekalipun settingan game yang disesuaikan, agar game berjalan mulus seperti yang diharapkan.

Untuk pilihan perangkat sendiri, saya berusaha untuk memberikan referensi perangkat komputer yang paling minimalis. Dalam arti, harganya ditekan semurah mungkin. Hal ini mengingat nilai tukar rupiah yang sedikit merosot dan berimbas kepada naiknya harga seluruh perangkat komputer.

Seperti biasanya, saya akan memberikan dua pilihan saja berdasarkan jenis prosesor yang digunakan. Selebihnya, perangkat yang digunakan pun sama.



Komputer Gaming Harga 4 jutaan dari Intel 

Harga 4 jutaan tidak memberikan pilihan yang terlalu luas. Dan lagi-lagi saya masih menggunakan prosesor Intel Core i3 Haswell sebagai pilihan yang paling tepat. Perbedaan yang paling mencolok pada rakitan kali ini adalah VGA yang digunakan adalah VGA Card, tidak lagi mengandalkan VGA Onboard yang masih banyak batasan kemampuan dalam hal gaming. Untuk RAM sendiri tetap menggunakan RAM berkapasitas 8GB.

Spesifikasi lainnya kurang lebih sama dengan rakitan komputer gaming 3 jutaan. Untuk kemampuan gaming komputer rakitan ini, kemampuannya lebih baik lagi dari sebelumnya. Beberapa game masih bisa dimainkan dengan settingan terbaik resolusi 1366 x 768.

Berikut spesifikasi lengkap komputer gaming harga 4 jutaan dari Intel.
  • Prosesor Intel Core i3 4130 3.4Ghz Haswell soket 1150
  • Mainboard H81
  • RAM 8GB DDR3
  • Harddisk 320GB SATA
  • VGA GT 730 2GB DDR3 128bit
  • Casing + PSU standar 
  • Monitor dengan layar 16" resolusi HD
  • Keyboard + mouse standar
Merakit komputer gaming Intel harga 4 jutaan.jpg
Merakit komputer gaming Intel harga 4 jutaan
VGA GT 730 merupakan kelas murah namun tidak terlalu jelek dalam hal kemampuan gaming. Cukup bisa diandalkan. Namun kalau menginginkan kemampuan lebih, silahkan untuk berburu VGA bekas dengan chipset GTX 750 dengan kemampuan 2 tingkat diatas GT 730. Ingat, pilihan VGA Card disini tidak menggunakan daya dari PSU. Jadi masih terbilang aman untuk digunakan di casing yang sudah ada PSU dengan harga murah. 

Namun saran saya, nanti apabila kita memiliki uang yang lebih. Tidak salahnya membeli PSU sedikit berkelas, untuk menjaga perangkat komputer kita dari kerusakan akibat daya PSU yang jelek. 



Komputer gaming harga 4 jutaan dari AMD

Berbeda dengan racikan komputer gaming yang kemarin, untuk kali ini saya menggunakan prosesor AMD dengan soket AM3+. Hal ini dikarenakan performa prosesor AM3+ lebih baik lagi dibandingkan AMD APU dengan soket FM2+. Dan satu hal lagi yang menjadi pertimbangan adalah soket AM3+ memiliki banyak pilihan prosesor dengan kemampuan yang paling tinggi di kelas AMD sendiri.

Prosesor AMD dengan harga yang sebanding dengan Intel adalah AMD Vishera FX 6300 3.5Ghz. Masalah kemampuan, berdasarkan beberapa situs benchmark yang saya baca, AMD Vishera FX 6300 memiliki kemampuan yang lebih baik saat multi tasking. Ini dikarenakan AMD FX 6300 memiliki 6 inti prosesor. Cukup jauh apabila dibandingkan Intel Core i3 4130 yang hanya memiliki 2 inti prosesor saja.

Untuk VGA sendiri, pilihan saya jatuh kepada AMD Radeon R7 240 2GB DDR5 OC edition. Loh kok lebih tinggi dibandingkan Nvidia? Yup, harganya memang lebih mahal sedikit dibandingkan dengan nvidia. Hal ini karena sedikit pilihan yang diberikan nvidia untuk kisaran harga dengan kelas AMD. Namun jangan khawatir harga racikan AMD ini pun tidak melebihi 5 juta. Dan masih bisa terbilang terjangkau untuk sekarang.

Berikut spesifikasi lengkap komputer gaming AMD 4 jutaan

  • AMD Vishera FX 6300 3.5GHz 6 Core 
  • Mainboard A960D+
  • RAM 8GB DDR3
  • Harddisk 320GB
  • VGA AMD Radeon HD R7 240 
  • Casing + PSU standar
  • Monitor dengan layar 16" resolusi HD 
  • Keyboard + mouse standar
Merakit komputer gaming AMD harga 4 jutaan.jpg
Merakit komputer gaming AMD harga 4 jutaan
Dengan spesifikasi diatas, sudah bisa memainkan game-game terkini dengan baik. Walaupun masih tetap ada juga game yang settingannya mesti di sesuaikan. Sekedar mengingatkan, spesifikasi yang di usung sebenarnya sudah lumayan menyedot daya PSU. Saran saya sama seperti komputer yang menggunakan intel, kalau ada uang nantinya untuk melakukan upgrade PSU. 


Dua pilihan spesifikasi yang saya tawarkan tidaklah mengikat. Silahkan yang menginginkan rakitan Intel kemudian memasangkan VGA Card dari AMD atau sebaliknya. Diatas hanyalah contoh komputer rakitan dengan dua pilihan dari dua kubu yang saat ini saling bersaing. 


Tidak sulit bukan untuk menentukan komputer gaming harga 4 jutaan? walaupun saat ini hal yang sangat dirasakan pahit adalah nilai tukar rupiah yang melemah. Imbasnya harga perangkat komputer merangkak naik. Dan mengakibatkan sedikitnya pilihan dengan uang yang ada.

Ulasan ke depannya saya akan mencoba meracik komputer gaming dengan harga 5 jutaan saja. Tunggu update artikel dari saya ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merakit komputer gaming harga 4 jutaan 2015"

Post a Comment