Mengenal keyboard, sejarah keyboard dan perkembangannya

www.tutorial-pc.comTutorial-pc.com - Keyboard kalau diartikan secara gamblang adalah papan tombol. Nah loh, kenapa begitu? key adalah tombol, board adalah papan. Namun arti keyboard yang sesungguhnya adalah papan ketik.

Saya rasa tidak perlu banyak penjelasan kenapa disebut dengan papan ketik. Karena semua orang yang telah menggunakan komputer sudah pasti menggunakan alat bantu yang satu ini.

Tanpa keyboard, pekerjaan di komputer tidak bisa dikerjakan dengan lebih cepat lagi. Walaupun kita tahu, salah satu faktor penunjang untuk membantu pekerjaan kita didepan komputer adalah mouse, namun peranan keyboard pun sangat penting.

Pada keyboard sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Coba perhatikan pada keyboard yang kalian miliki? disana terdiri dari huruf abzad, A-Z, kemudian ada tombol F1 sampai dengan F12, ada tombol angka yang terdiri dari 0-9 dan beberapa tombol lainnya. Bahkan beberapa keyboard memiliki fungsi yang cukup banyak.

Pernah saya jumpai keyboard teman saya yang bisa berfungsi juga sebagai alat musik. Keyboard juga namanya, namun keyboard disini bukan alat komputer, tetapi alat musik. Saya lupa nama keyboardnya, cukup membuat saya terpana waktu itu. Betapa canggihnya bukan perangkat komputer saat ini?

Yup, semakin lama, perangkat komputer memiliki teknologi yang semakin canggih. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai perkembangan dan juga sejarah keyboard, saya ingin memberikan penjelasan mengenai bagian-bagian utama pada keyboard seperti yang telah saya utarakan di awal artikel ini.



Mengenal Bagian Keyboard komputer

Coba perhatikan gambar di bawah ini berikut dengan penjelasannya.
Fungsi tombol pada keyboard
Keterangan : 

Function key atau tombol fungsi
Tombol ini terdiri dari tombol F1 sampai dengan F12. Kenapa disebut dengan tombol fungsi? karena tombol ini memiliki fungsi khusus. Seperti me-rename, searching dan lain-lain. Kebanyakan tombol fungsi yang sering di akses adalah F1-F5, sedangkan sisanya sangat jarang digunakan. Saya jabarkan fungsinya satu persatu.
  • F1. Berfungsi untuk menampilkan jendela bantuan (help) pada sistem operasi windows. Atau bisa masuk ke dalam menu BIOS ketika komputer pertama kali dihidupkan. Biasanya tombol F1 digunakan untuk laptop/notebook. 
  • F2. Berfungsi untuk melakukan rename (mengganti nama) pada suatu file atau folder. Dengan melakukan tombol kombinasi CTRL + F2 pada aplikasi microsoft office, akan menampilkan jendela "Print preview"
  • F3. Dengan melakukan kombinasi Shift + F3 akan mengubah ukuran huruf pada aplikasi microsoft office (besar atau kecil)
  • F4. Berfungsi untuk melakukan Undo/ pembatalan pada perintah terakhir di komputer. Dengan melakukan tombol kombinasi CTRL + F4 maka akan menutup aplikasi. 
  • F5. Memiliki fungsi melakukan refresh komputer atau web browser. Dalam aplikasi Microsoft Powerpoint, F5 memiliki fungsi memulai slideshow. 
  • F6. Untuk memindahkan kursor ke address bar. 
  • F7. Dalam aplikasi Microsoft word, tombol ini berfungsi untuk memeriksa spell check dan grammar. 
  • F8. Fungsinya sendiri digunakan ketika sistem operasi kita mengalami gagal booting. Dengan menekan tombol F8, kita bisa memasuki sistem operasi windows di safe mode. 
  • F9. Fungsinya untuk menampilkan informasi sistem operasi. 
  • F10. Didalam menu BIOS, tombol F10 berguna untuk menyimpan pengaturan BIOS yang telah kita ubah. Namun tombol ini juga berfungsi untuk mengakses email. 
  • F11. Pada aplikasi web browser seperti mozilla, google chrome dan IE, fungsi F11 untuk membuat tampilan web tersebut menjadi full di layar. 
  • F12. Pada aplikasi microsoft office, fungsi tombol ini untuk melakukan save as (menyimpan sebagai). 

Numeric Key / Tombol Angka
Bagian ini rasanya tidak perlu dijelaskan panjang lebar, karena semua pengguna komputer kelas pemula pun mengerti bahwa fungsinya untuk memasukkan karakter angka dan juga perhitungan. Namun apabila kita ingin menggunakannya harus mengaktifkan terlebih dahulu, dengan menekan tombol NUMLOCK dan ditandai dengan LED yang aktif. Apabila tidak kita tekan, maka fungsinya menjadi tombol arah.

Tombol Arah (tombol kontrol) / Control Keys
Tombol ini hanya terdiri dari empat. Cukup mudah dipahami, dan fungsinya sendiri sesuai dengan poisisnya. tombol arah kiri/kanan untuk menggeser kursor ke arah kiri dan kanan, begitupun juga atas dan bawah. Diatas tombol arah pun ada juga tombol tambahan seperti Insert, Home, Page up, Page Down, Delete, dan End.
  • Home. Dalam aplikasi microsoft word, menekan tombol home berarti mengembalikan posisi kursor ke awal kalimat. 
  • End. Sama seperti home, fungsinya untuk meletakkan kursor di akhir kalimat. 
  • Page up/ Page Down. Fungsinya untuk menaikan layar ke atas maupun kebawah
  • Delete. Menghapus satu karakter pada aplikasi microsoft word. Atau juga bisa menghapus file atau folder. 
  • Insert.  Berfungsi untuk menyisipkan karakter. 
  • PrintScreen SysRq. Fungsinya untuk mengcapture atau menjadikan tampilan yang ada di layar menjadi sebuah gambar, namun setelah mengcapture menggunakan tombol ini, silahkan membuka aplikasi Microsoft paint, dan lakukan perintah paste dan save. 
  •  Pause Break. Mengubah posisi komputer menjadi stand by. 

Tombol multimedia
Pada sebagian keyboard, tombol ini tidak disediakan. Biasanya hanya keyboard tertentu yang menyediakan tombol multimedia ini. Fungsinya sendiri bisa untuk membesarkan dan mengecilkan suara speaker, menjalankan/menghentikan lagu yang sedang diputar dan lain sebagainya.

Typing key/ tombol ketik
Tombol ini sendiri fungsinya untuk memasukkan karakter huruf pada komputer. Terdiri dari huruf A-Z, namun ada juga beberapa karakter tambahan seperti {}, :, ", <>, ?, |, \. Ada beberapa tombol yang membantu kita dalam melakukan pengetikan. Berikut fungsi tombol tersebut.
  • TAB. Pada aplikasi microsoft office, tombol TAB berfungsi untuk memindahkan kursor sesuai pengaturan tabulasi. Atau bisa juga tanpa tabulasi.
  • ESC (escape). Tombol ini sendiri memiliki fungsi untuk membatalkan perintah. 
  • SHIFT. Tombol yang satu ini memiliki fungsi apabila di kombinasikan dengan tombol yang lain, seperti SHIFT + F3, SHIFT + Klik kiri dan lain-lainnya. 
  • CTRL. Sama seperti tombol shift, tombol CTRL akan memiliki fungsi apabila kita menekan tombol tambahan. Contoh CTRL + C, untuk melakukan perintah "COPY", dan CTRL + V untuk melakukan perintah "Paste". 
  •  ALT. Fungsinya pun tidak jauh berbeda dengan CTRL, dengan mengkombinasikan tombol ALT dengan yang lain memiliki fungsi khusus. Contoh ALT + F4 untuk menutup aplikasi dengan cepat. 
  • Space. Fungsinya untuk memberikan jarak antar kata atau karakter. 
  • Backspace. Fungsinya untuk menghapus satu karakter angka/tulisan di microsoft office. 



Sejarah keyboard

Awal terciptanya keyboard komputer terinspirasi dari mesin ketik ciptaan Christoper Latham pada tahun 1868. Mesin ketik tersebut mulai dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama kali menggunakan Punch Card dan menggunakan teknologi Teletype yang artinya pengiriman tulisan jarak jauh. Salah satu komputer yang menggunakan keyboard Punched Card Reader adalah Komputer ENIAC pada tahun 1946 sebagai alat masukan (input) dan alat keluaran (output).

Pada awal diciptakan jenis keyboard sesuai dengan susunan tombol yang digunakan pun ada beberapa macam yaitu Keyboard QWERTY, Keyboard QWERTZ, Keyboard DVORAK dan Keyboard AZERTY. Namun yang menjadi standar penggunaan jenis tombol pada keyboard adalah keyboard QWERTY.

Cukup jarang kita jumpai jenis keyboard DVORAK, karena memang kalah pamor dengan QWERTY. Jenis keyboard DVORAK sendiri ditemukan oleh Dr. August Dvorak pada tahun 1940.

Awal di ciptakannya jenis keyboard QWERTY adalah untuk memperlambat pengetikan pada tombol keyboard. Hal ini dilakukan agar mekanik pada mesin tik tidak cepat rusak. Tidak seperti jenis sebelumnya yang ternyata seringkali mengalami kerusakan pada mekanik akibat terlalu cepatnya seorang mengetik. Namun ternyata hal ini tidak berlaku pada keyboard komputer.



Perkembangan Keyboard 

Saat ini beragam keyboard yang menggunakan jenis konektor, mulai dari konektor PS/2, USB bahkan menggunakan Wireless. Berikut saya jabarkan secara singkat jenis konektor pada keyboard.
  • Keyboard dengan konektor Serial
    Jenis keyboard ini sudah sangat sulit kita jumpai. Cukup wajar mengingat konektor serial sudah tidak disediakan oleh mainboard keluaran terbaru. Menggunakan DIN 5 Male, dan digunakan pada komputer jenis AT
  • Keyboard PS/2
    Digunakan pada komputer ATX dan sampai saat ini sebagian motheboard masih menyediakan port PS/2. Untuk keyboard sendiri ditandai dengan warna UNGU, sedangkan mouse berwarna HIJAU. Namun ternyata, motherboard terbaru hanya menyediakan satu port PS/2 yang bisa digunakan untuk keyboard maupun mouse. 
  • Keyboard Wireless
    Keyboard jenis ini tidak menggunakan kabel biasa di sebut wireless atau nirkabel. Jenis yang digunakan adalah Infra Red, Wifi maupun bluetooth. Untuk bisa menggunakannya keyboard tersebut menyediakan pemancarnya yang telah dipasang pada port USB. 
  • Keyboard USB
    Keyboard dengan konektor ini adalah yang paling umum digunakan. Cukup wajar, mengingat port USB memiliki transfer data yang lebih cepat dibandingkan port yang lainnya. Apalagi port USB memiliki moto PLUG & PLAY, pasang dan lepas dengan mudah. 


Demikian artikel "mengenal keyboard, sejarah keyboard dan juga perkembangan keyboard". Semoga bisa menambah wawasan kita yang masih awam mengenai komputer dan bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal keyboard, sejarah keyboard dan perkembangannya"

Post a Comment