Sejarah Prosesor AMD : Rival terberat Intel sepanjang masa

www.tutorial-pcmu.blogspot.comTutorial-pc.com - Advanced Micro Devices atau yang lebih akrab dikenal dengan AMD merupakan pesaing terberat Intel saat ini. Dahulu, cukup banyak prosesor yang bersaing selain intel dan AMD, seperti Cyrix, Via dan lain-lain, namun kini hanya dua perusahaan inilah yang saling bersaing, baik itu dari segi harga, kinerja maupun dari segi inovasi. AMD merupakan perusahaan pembuat prosesor terbesar setelah

AMD sendiri bermarkas di Sunnyvale, California, yang berdiri pada tanggal 1 Mei 1969. Pada waktu itu AMD memiliki dua pabrik pembuat mikroprosesor. Yang pertama berada di Austin Texas, Amerika dan yang kedua berada di Dresden, Jerman.

Pada tahun 2012 pabrik AMD memisahkan diri sebagai perusahaan yang berdiri sendiri dengan nama Global Foundries. Walaupun begitu AMD tetap memesan pembuatan mikroprosesor terhadap bekas pabriknya tersebut. Selain itu AMD pun memesan pembuatan mikroprosesor kepada perusahaan dari Taiwan yang bernama TSMC.

Saat ini AMD selain memproduksi prosesor juga memproduksi VGA Card (kartu grafis), chipset mainboard, dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.



Perkembangan Prosesor AMD


AMD K5

AMD K5 merupakan mikroprosesor yang dikembangkan oleh AMD dan kompatibel dengan prosesor Intel pentium. Pada dasarnya prosesor AMD K5 merupakan kloningan (kembaran) dari prosesor Intel Pentium. Jadi secara tidak langsung prosesor AMD K5 bisa dipasang pada mainboard Intel pentium, walaupun begitu mainboard tersebut tidak langsung mengenali prosesor AMD, harus dilakukan update BIOS terlebih dahulu sebelum digunakan, untuk bisa mengeksploitasi semua fitur di prosesor AMD K5.

AMD K6

AMD K6 merupakan pengembangan dari prosesor AMD sebelumnya. Lagi-lagi Prosesor AMD versi ini juga kompatibel dengan mainboard Intel pentium. Prosesor AMD tipe ini didesain oleh NexGen yang kemudian perusahaan tersebut di akuisi oleh AMD. Prosesor ini ditargetkan untuk menghadapi prosesor Intel Pentium II. Kinerjanya pun kurang lebih setara dengan desain yang relatif lebih baik. Beberapa varian dari AMD K6 yaitu :
  • AMD K6 (rilis tahun 1997)
  • AMD K6-2
  • AMD K6-III
  • AMD K6-2+
  • AMD K6-III+

AMD K7 / Athlon 

Prosesor AMD Athlon ditargetkan untuk mereka yang menginginkan komputer dengan kinerja tinggi dan berharap bisa menggeser pangsa pasar prosesor yang didominasi Intel . AMD Athlon adalah pengembangan dari prosesor AMD K6. AMD berusaha menembus pangsa pasar Intel dengan merilis prosesor AMD Athlon dengan kecepatan 1GHz yang pada saat itu, Intel sendiri belum meluncurkan prosesor Intel Pentium III 1GHz. Akibatnya prosesor AMD Athlon berkecepatan 1GHz mendapatkan predikat "Processor of the Year" pada tahun 2000. Beberapa varian dari prosesor berarsistektur AMD K7 yaitu
  • Athlon (Slot A, dengan kode nama Argon, Pluto, Thunderbird yang rilis pada tahun 1999)
  • Athlon (soket A, dengan kode nama Thunderbird rilis pada tahun 2000)
  • Duron. Prosesor AMD Duron ditargetkan bagi pengguna komputer yang menginginkan komputer dengan harga murah. Diperkenalkan pada tahun 2000. Prosesor ini diluncurkan untuk bersaing secara langsung dengan prosesor Intel Celeron. AMD Duron merupakan pemangkasan dari prosesor AMD Athlon, walaupun begitu kemampuan duron hampir dengan dengan AMD Athlon.
  • Athlon MP (kode nama Palomino, Thoroughbred, Barton, Torton yang rilis pada tahun 2001)
  • Mobile Athlon 4
  • Athlon XP
  • Mobile Athlon XP
  • Mobile Athlon Duron
  • Sempron, AMD sempron diluncurkan sebagai pengganti prosesor AMD Duron. Prosesor AMD seri ini menggunakan soket 754. Pada dasarnya AMD Duron dibangun menggunakan desain prosesor AMD Ahtlon64, hanya saja prosesor AMD Sempron fitur 64-bit di non aktifkan. Jadi hanya bisa berjalan pada sistem komputer 32-bit saja. 
  • Mobile Sempron

AMD K8 

AMD K8 merupakan prosesor AMD generasi ke 8. Dengan kemampuan yang lebih ditingkatkan dan lebih baik apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Prosesor AMD K8 merupakan prosesor AMD pertama kali yang menerapkan instruksi AMD64-64bit ke AMD x86 prosesor. AMD K8 sendiri memiliki banyak varian prosesor yaitu.
  • Opteron,  Prosesor AMD Opteron lebih dikhususkan untuk pasar Workstation dan server di tahun 2003. Prosesor ini dirilis AMD untuk bersaing langsung dengan prosesor besutan Intel yaitu Intel Itanium. AMD Opteron secara tidak langsung memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan prosesor rivalnya, namun untuk efisiensi Intel Itanium masih belum bisa ditandingi oleh AMD Opteron.
  • Athlon 64 FX, Salah satu kelebihan dari prosesor AMD Athlon 64 FX adalah fitur yang didesain untuk melindungi virus dari serangan komputer yang berjalan di sistem operasi Windows XP Service Pack 2 ataupun Windows XP 64-bit Edition
  • Ahtlon 64, AMD Athlon 64 merupakan mikroprosesor 64-bit generasi K8 yang dibuat oleh AMD. AMD Athlon 64 ditujukan kepada pasar desktop mainstream berkinerja tinggi. Prosesor ini dapat bekerja pada Sistem operasi 32-bit dan 64-bi
  • Athlon 64 X2 Dual Core, Prosesor AMD X2 Dual Core diluncurkan untuk bersaing secara langsung dengan prosesor Intel Core Duo. Prosesor AMD X2 Dual core merupakan prosesor Dual Core pertama kali yang didesain oleh AMD. Prosesor ini tetap menggunakan arsitektur 64 bit dan ditujukan untuk kalangan pengguna media digital. Ada salah satu fitur untuk memaksimalkan prosesor AMD 64 X2 Dual core ini yaitu Hypertransport dimana fitur ini mampu meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan.
AMD K10

Prosesor K10 merupakan mikroprosesor yang didesain oleh AMD. Disinilah terlihat perkembangan prosesor AMD yang semakin lebih baik. Harganya pun sangat bersaing dengan prosesor miliknya Intel. Beberapa varian dari prosesor AMD K10 yaitu.
  • Opteron (kode nama Barcelona, rilis pada tanggal 10 September 2007)
  • Phenom FX (kode nama Agena FX, rilis pada pertengahan tahun 2008)
  • Phenom X4 (4 inti prosesor dari AMD K10, dengan kode nama Agena, rilis pada tanggal 19 November 2007)
  • Phenom X3 (3 inti prosesor dari AMD K10, dengan kode nama Toliman, rilis pada bulan April 2008)
  • Athlon 6 series (kode nama Kuma, rilis pada bulan Februari 2007)
  • Athlon 4 series (kode nama Kuma, rilis pada tahun 2008)
  • Athlon X2 (kode nama Rana, rilis pada tahun 2007)
  • Sempron (kode nama Spica)
  • Phenom II X4 (rilis pada tanggal 8 Januari 2009)
  • Phenom II X6 (rilis pada tanggal 27 April 2010). Prosesor ini ditargetkan untuk berhadapan secara langsung dengan prosesor Intel Core i5 Sandybridge.
  • Athlon II
  • Turion II

AMD K10 seri APU (Accelerated Processing Unit)

Prosesor AMD APU atau lebih dikenal dengan nama Fusion, merupakan prosesor 64-bit yang di rancang oleh AMD untuk bertindak sebagai CPU (prosesor) dan juga sebagai kartu grafis (VGA). Tidak seperti halnya VGA Onboard AMD sebelumnya yang dipasang di mainboard, AMD pun menerapkan teknologi yang sama seperti halnya Intel Core i series.



Pilihan prosesor AMD 

Untuk saat ini kita dipusingkan oleh beberapa pilihan prosesor. Terlebih lagi soket prosesor yang didukung tidaklah sebanyak sekarang. Dari soket AM2/AM3+, FM1/FM2, dan AM1 membuat kita bingung manakah yang akan kita beli. Berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan komputer, untuk kantong ketat namun menginginkan komputer bisa memainkan game, silahkan lirik prosesor AMD APU soket FM1/FM2. Apabila kita ingin menambahkan kartu grafis /Graphic card, pilihan yang paling bijak adalah prosesor AMD FX series soket AM3+. Satu lagi untuk pilihan HTPC dan daya rendah dengan kinerja cukup, AM1 merupakan pilihan yang paling baik.


Demikian artikel "Sejarah Prosesor AMD : Rival terberat Intel sepanjang masa". Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan menambah wawasan bagi pengguna komputer yang baru pertama kali terjun ke dunia komputer.


Referensi Artikel :
  • http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_AMD_microprocessors
  • http://asterprescott.blogspot.com/2013/06/sejarah-perkembangan-prosesor-amd.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Advanced_Micro_Devices

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Sejarah Prosesor AMD : Rival terberat Intel sepanjang masa"

  1. thanks gan....buat nmbah2 pengetahuan

    ReplyDelete
  2. laptop ane dah pake prosesor AMD sob, emang ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup AMD performa cukup baik namun harganya pun termasuk murah :)

      Delete
  3. Replies
    1. Karna cuma satu-satunya untuk dunia komputer om hehe...

      Delete