Mengetahui kerusakan atau bad sector pada hard disk

www.tutorial-pc.comTutorial-pc.com - Terkadang kita sering tidak peduli akan kesehatan pada hard disk kita. Padahal kita semua tahu, seluruh data pekerjaan kita sehari-hari didepan komputer ada di dalam perangkat satu ini. Parahnya, sebagian orang tidak melakukan back up data ke tempat yang lain, hard disk eksternal misalnya. Mereka merasa tenang-tenang saja, padahal kehilangan data mengancam kita apabila kita tidak mengetahui terlebih dahulu.

Minimal, ketika kita mengetahui bahwa kerusakan harddisk kita mulai berkurang, kita segera melakukan back up data yang ada di hard disk tersebut, ke hard disk yang baru. Kehilangan data bukanlah suatu hal yang menyenangkan, malah menyakitkan bukan? coba bayangkan, ketika foto-foto kesayangan kita ternyata hilang bersama rusaknya hard disk? mau foto lagi? argh gak mungkin.

Ada beberapa aplikasi untuk mengetahui kerusakan pada hard disk atau minimal kita bisa melihat kesehatan yang menurun. Dan semua aplikasi yang pakai disini bersifat FREE. Tidak perlu membayar. Namun kalau kita mempunyai uang lebih, silahkan beli yang berbayar karena fitur yang ditawarkannya lebih baik dan biasanya aplikasinya tersebut selalu di perbaharui.



Mengetahui gejala awal kerusakan hard disk. 

Tanpa aplikasi pun kita bisa membaca gejala awal tanda-tanda hard disk kita mulai bermasalah. Walaupun sedikit sulit untuk mendiagnosanya, namun kalau kita sudah sering menggunakan perangkat tersebut, sedikit mudah untuk menganalisanya sementara waktu. Berikut saya berikan gejala awal atau tanda bahwa hard disk tersebut sudah mengalami penurunan kesehatan.
  • Awal booting (saat menghidupkan komputer), kemudian sampai masuk ke dalam sistem operasi (saat logo windows), waktunya sedikit lebih lama daripada biasanya. Bahkan waktu untuk menunggu tersebut bisa memakan waktu 1 jam-an. Ini merupakan indikasi awal kerusakan pada hard disk. 
  • Beberapa data pekerjaan kita sulit di akses, ketika akan dibuka harus menunggu loading yang lama. Ada kemungkinan area bad pada salah satu partisi di dalam hard disk. Dan hal ini merupakan pertanda kita harus cepat-cepat melakukan back up data, selagi data tersebut masih bisa kita akses.
  • Sering mengalami Bluescreen / BSOD disaat membuka aplikasi ataupun disaat pertama kali menghidupkan komputer. BSOD dilain artikel akan saya jelaskan selengkapnya, namun BSOD yang muncul lebih banyak di sebabkan oleh kegagalan hardware. 
  • Seringnya hard disk tidak terbaca ketika menghidupkan komputer. Untuk hal yang satu ini, hard disk tersebut biasanya sudah tergolong parah penyakitnya. Segera melakukan back up data dengan melepas hard disk tersebut dan dijadikan hard disk eksternal. 
 Diatas merupakan tanda-tanda bahwa hard disk kita sudah mengalami penurunan kesehatan. Namun untuk lebih meyakinkan lagi, ada baiknya melakukan pemeriksaan menggunakan aplikasi khusus untuk hard disk. Saya berikan beberapa aplikas yang cukup bisa di andalkan dan cukup akurat untuk mendeteksi kerusakan pada hard disk.
  1. Aplikasi Speed Fan. Aplikasi ini sebenarnya bukan untuk mengetahui kerusakan hard disk, namun ternyata kita bisa mengetahui kesehatan hard disk melalui fitur yang ada didalamnya.
  2. Aplikasi HD Tune. Aplikasi ini ada yang gratis ada juga yang berbayar. Fiturnya cukup lengkap dan juga tingkat akurasi nya cukup baik untuk mendeteksi kerusakan
  3. Aplikasi HD Sentinel. Aplikasi ini terbilang sangat cepat untuk pendeteksi kerusakan pada hard disk. Bahkan kita hanya memasang saja langsung bisa terbaca kerusakannya. Namun tingkat akurasi masih lebih baik HD Tune. Ini berdasarkan pengalaman saya saja ya. 



HD Tune Free untuk mengetahui Bad Sector pada Hard disk

HD Tune versi gratis hanya tersedia versi 2.55 yang rilis pada tahun 2008 yang lalu. Dan sampai saat ini pun tidak ada versi terbarunya. Cukup disayangkan memang, karena pengembang software lebih mementingkan versi berbayarnya. Namun gak usah khawatir, biarpun versi lama, aplikasi ini masih bisa di andalkan dengan baik. Atau kalau mau pake saja yang versi berbayar, toh versi tersebut bisa dipakai untuk satu bulan kalau saya tidak salah.

Menu yang diberikan oleh aplikasi HD Tune Free ini tidaklah terlalu banyak seperti halnya HD Tune Pro. Cukup sederhana, namun sangat mudah untuk dipahami, bahkan untuk orang awam sekalipun. Berikut saya jabarkan fungsi menu-menu pada HD Tune Free.
  1. Benchmark
    Menu ini berfungsi mengetahui kecepatan baca dan tulis pada sebuah hard disk. Dengan begitu kita bisa mencari hard disk yang memiliki kinerja baik untuk dijadikan tempatnya sistem operasi windows. 
  2. Info
    Pada menu ini, kita akan mendapati informasi mengenai hard disk yang ada didalam komputer kita. Berapa partisi hard disk yang ada dan juga fitur-fitur yang ada didalam hard disk. 
  3. Health
    Pada menu ini kita bisa melihat secara langsung kesehatan hard disk. Hard disk yang sehat ditandai dengan Health Status : OK. Apabila kesehatannya menurun maka akan ditandai dengan warna kuning, apabila sudah terlalu parah, akan ditandai dengan warna merah. Ingat warna kuning merupakan peringatan, sedangkan merah merupakan kewajiban untuk back up data dan menggantinya dengan segera. 
  4. Error Scan
    Pada menu inilah kita bisa mengetahui Bad Sector atau area dimana sector didalam hard disk sudah tidak bisa di akses lagi. Saya lebih menyarankan untuk menghilangkan centang "Quick scan" pada menu tersebut untuk hasil yang lebih maksimal. Kerusakan akan ditandai dengan warna merah, sedangkan kondisi yang bagus ditandai dengan warna hijau. 
Menu yang wajib kita gunakan adalah Health dan Error Scan. Untuk health saya rasa tidak perlu saya beritahu lagi karena cukup sederhana. Sekarang saatnya kita melakukan scanning pada hard disk untuk mencari bad sector pada hard disk. Lama waktu scanning ini tergantung dari kapasitas hard disk dan berapa banyak jumlah badnya. Semakin banyak maka waktu yang dibutuhkan pun akan semakin lama.
Hasil scanning bad sector di menu Error Scan HD Tune
Hasil scanning bad sector di menu Error Scan HD Tune
Hasil kondisi kesehatan hard disk di menu Health pada HD Tune
Hasil kondisi kesehatan hard disk di menu Health pada HD Tune



Deteksi cepat menggunakan Aplikasi Speed Fan

Seperti penjelasan saya sebelumnya, aplikasi ini bukanlah aplikasi khusus untuk melakukan pemeriksaan atau hal lainnya yang berkaitan dengan hard disk. Namun ternyata, ada salah satu menu yang cukup membantu untuk mengetahui kondisi kesehatan hard disk. Untuk tingkat akurasinya pun masih cukup baik, bahkan beberapa kasus, pernah saya memberitahukan kepada teman bahwa tidak lama lagi hard disknya akan rusak hanya dengan membaca fitur yang ada di speed fan. Tidak percaya? silahkan dicoba hehe.

Ok, aplikasi yang cukup sederhana ini bersifat gratis untuk digunakan. Fungsi sesungguhnya untuk memantau suhu didalam komputer. Namun karena bahasannya mengenai hard disk, maka untuk hal ini saya lewatkan ya. Silahkan pasang terlebih dahulu aplikasi Speed fan. Dan langsung buka menu, dan pada menu drop down pilih salah satu hard disk yang ingin dilihat kesehatannya. Silahkan lihat perbandingan dua hard disk dengan kondisi yang berbeda.
Deteksi kesehatan hard disk menggunakan aplikasi speed fan
Deteksi kesehatan hard disk menggunakan aplikasi speed fan



Untuk aplikasi HD Sentinel, nanti akan saya sajikan. Karena keterbatasan waktu, jadi sementara hanya dua aplikasi saja. Namun dua aplikasi ini pun sudah mewakili bagaimana mengetahui kondisi kerusakan atau bad sector pada sebuah hard disk komputer.
Apabila artikel ini bermanfaat, silahkan di share/ dibagikan ke teman-teman kalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengetahui kerusakan atau bad sector pada hard disk"

Post a Comment