Spesifikasi lengkap Netbook Thosiba NB505

Tutorial-pc.com - Merk thosiba sangat dikenal baik oleh pengguna komputer khususnya komputer jinjing. Banyak produk yang telah diproduksinya, baik dari netbook, notebook atau bahkan gaming laptop. Namun untuk bahasan kali ini saya ingin menyajikan Netbook Thosiba NB505-N508N. Netbook yang kurang lebih rilis pada tahun 2011 yang lalu ini ternyata masih bisa menjalankan aplikasi saat ini dengan baik.

Secara umum, prosesor yang banyak digunakan oleh netbook adalah seri Intel Atom atau kalau dari AMD yaitu AMD A/E series. Walaupun saat ini, posisi prosesor Intel Atom telah digantikan oleh prosesor Celeron dari Intel dengan kinerja yang lebih baik lagi. Namun kenyataannya, prosesor Intel Atom ini masih cukup baik kinerja.

Ukuran Netbook Thosiba NB505 ini cukup kecil. Cukup wajar kelas yang di usungnya. Harganya pun kala itu berkisar 2,9 jutaan ketika launching. Dan saat ini hanya bisa ditemukan dengan kondisi bekas dan dengan kisaran harga bekasnya 1 jutaan saja.
Netbook Thosiba NB505
Netbook Thosiba NB505



Spesifikasi lengkap Thosiba NB505. 

Spesifikasi yang di usung netbook ini seperti kebanyakan netbook lainnya. Berikut saya jabarkan.
  • Prosesor Intel Atom N455 dengan kecepatan 1,66GHz
  • RAM 1GB DDR3
  • Harddisk 320GB
  • VGA Intel Graphics Media Accelator 3150
  • Layar LED 10" dengan resolusi maksimal 1024 x 600
  • Wifi, LAN Card, Card reader, Web CAM
  • Baterai dengan kapasitas 6 CELL
  • Bobot kurang lebih 1,32KG
  • Include Windows 7 Starter Original



Tampilan Luar

Tampilan netbook Thosiba NB505 ini cukup sederhana. Dengan banyak pilihan warna membuat kita bisa memilih warna yang kita sukai. Kebetulan produk yang saya dapatkan adalah berwarna coklat muda dan dengan motif berbintik, menjadikan netbook ini tampil beda. Bodi dari netbook inipun tidaklah terlalu tebal, walaupun mengusung baterai yang tergolong besar.
Tampilan atas thosiba NB505
Tampilan atas thosiba NB505
 Masuk ke area keyboard, netbook thosiba ini ukuran tombol keyboardnya tidak terlalu kecil. Namun satu hal yang saya rasakan adalah jarak keyboard yang terlalu dekat, sedikit merepotkan bagi mereka pengguna komputer dengan ukuran jari yang besar. Namun hal tersebut bisa diatasi apabila kita telah terbiasa menggunakannya. Layar yang digunakannya hanya 10", terlalu kecil untuk saat ini. Dan menjadi kendala berarti ketika kita ingin menggunakan sistem operasi Windows 8. Karena windows 8 menganjurkan penggunaan layar dengan resolusi minimal 1366 x 768.
Keyboard thosiba NB505
Keyboard thosiba NB505



Kinerja

Melihat spesifikasi yang telah saya sebutkan diatas. Untuk urusan kinerja tidaklah terlalu buruk. Namun saya tidak menyarankan menggunakan netbook ini untuk aplikasi yang berat seperti melakukan editing foto berat. Untuk menjalankan sistem operasi windows 7 cukup baik. Hanya saja apabila kita ingin menjalan fitur Aero, maka saya menganjurkan penambahan memori untuk meningkatkan kinerjanya.

Netbook inipun tidak baik untuk memainkan game berat. Cukup memainkan game ringan saja seperti game house atau sejenisnya. Walaupun pernah saya melihat seseorang memasang game winning ataupun Pro Evolution Soccer 2006 dan katanya berjalan dengan lancar, saya sama sekali tidak menganjurkannya. Ingat! suatu hal yang dipaksakan akan bisa membuat penyesalan.

Kapasitas baterai pada netbook ini sangat bisa di andalkan. Dengan kapasitas baterai sebesar 6 Cell, secara normal bisa digunakan selama kurang lebih 8 Jam.


Konektivitas

Konektivitas pada netbook ini seperti biasanya namun tanpa di lengkapi bluetooth didalamnya. Walaupun sebenarnya bluetooth sendiri bisa digantikan dengan Wifi, namun satu kelebihan sendiri apabila notebook tersebut menyediakan banyak koneksi. Pada samping bagian kiri netbook ini terdiri dari empat port yaitu 1 x USB 2.0, 1 x port VGA, port Audio, dan port untuk melakukan pengecasan baterai.
Port bagian samping Thosiba NB505
Port bagian samping Thosiba NB505
Pada bagian kanan, hanya terdiri dari dua port saja yaitu dua port USB. Jadi total port USB ada tiga. Cukup banyak untuk kelas netbook. Dan jarak dari dua port USB ini sangatlah ideal, tidak akan mempersulit kita memasang USB flash drive ataupun modem secara bersamaan.
Port USB 2.0 bagian kanan Thosiba NB505
Port USB 2.0 bagian kanan Thosiba NB505



Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan yang telah saya sampaikan, bisa disimpulkan bahwa netbook ini masih bisa diandalkan untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari. Netbook ini lebih cocok digunakan bagi mereka yang menginginkan netbook dengan ukuran ringkas, bobot yang ringan, baterai yang bisa diandalkan dan harga yang saat ini tergolong murah.

Walaupun beberapa kekurangan mulai dirasakan dikarenakan teknologi yang mulai tertinggal seperti tidak adanya konektivitas USB 3.0, kemudian resolusi layar yang tergolong kecil dan tidak adanya optikal drive. Namun hal tersebut bukanlah kendala berarti, toh perangkat yang telah menggunakan USB 3.0 masih bisa berjalan dengan baik di port USB 2.0

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spesifikasi lengkap Netbook Thosiba NB505"

Post a Comment