VGA gaming nvidia murah tapi bagus

www.tutorial-pc.comTutorial-pc.com - Berbicara mengenai perangkat satu ini, hanya ada dua kubu yang saling bersaing yaitu AMD dan Nvidia. Ya, perusahaan tersebutlah yang memproduksi dan saling berinovasi untuk mengeluarkan vga komputer, baik untuk profesional maupun untuk gaming. Namun seperti yang banyak kita ketahui, rata-rata pengguna komputer lebih banyak yang memakai vga / kartu grafis khusus game.

Disini, saya akan mencoba memberikan alternatif graphic card (vga) gaming murah tapi tidak murahan. Nah loh siapa yang tidak melirik? kalau mendengar kata-kata murah semua orang pasti tertarik bukan? termasuk saya hehe..

Karena ada dua perusahaan yang saling bersaing, saya akan memberikan alternatif graphic card baik dari AMD maupun Nvidia. Namun untuk artikel kali ini, bahasan hanya untuk graphic card Nvidia. Nanti kalau ada kesempatan waktu, saya akan membahas juga dari kubu merah yaitu AMD. Harga merupakan faktor penentu utama tujuan saya namun tidak melupakan kinerja yang diberikan graphic card tersebut. Jadi sesuai dengan judul artikel, "Vga gaming murah tapi bagus".



Nvidia

Perusahaan yang satu ini dikalangan anak-anak forum sering disebut kubu "Ijo". Mungkin identik dengan warna logo nvidia yaitu hijau. Untuk range harga terjangkau menurut pandangan saya adalah berkisar 500rb sampai dengan 1,5 juta rupiah. Saya pun akan memberikan alternatif vga gaming bekas maupun baru. Dengan demikian cukup banyak alternatif vga gaming murah yang bisa dijadikan referensi untuk membelinya.

VGA Nvidia harga 500 - 700 ribu.

Untuk kisaran harga segini saya lebih menyarankan untuk membeli vga bekas pakai namun tidak melupakan unsur kesehatan dari vga tersebut. Intinya, kita harus cek dan recheck kondisi dari vga tersebut, agar tidak tertipu. Berikut daftar seri vga nvidia dengan range harga tersebut.
  • Nvidia GT 440 1GB DDR5 128 Bit
    Kartu grafis seri ini bisa dibilang masih mumpuni untuk menghajar game-game terkini walaupun dengan settingan yang harus disesuaikan. Kebanyakan game-game terbaru mesti di setting ke low dan medium. Harga bekasnya berkisar 500 ribu rupiah, cukup terjangkau di kantong. Selain harga yang terjangkau, seri ini pun tidak membutuhkan power tambahan dari psu. 
  • Nvidia GTS 450 1GB DDR5 128 bit
    Merupakan kelas menengah kebawah kala itu, seri ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan GT 440. Namun satu kekurangan yang cukup dirasakan yaitu penggunaan power tambahan dari PSU. Dan mewajibkan kita menggunakan PSU yang berkualitas baik agar tidak cepat merusak vga itu sendiri. PSU dengan daya murni 300W sudah cukup untuk menjalankan VGA GTS 450. Harga bekasnya berkisar 600 ribu rupiah.
  • Nvidia GTX 550 Ti
    GTX 550 Ti merupakan graphic card penerus GTS 450. Dengan performa yang lebih baik dan bandwith yang lebih besar menjadikan graphic card ini cukup layak untuk dibeli. Seperti halnya GTS 450, seri ini pun mengharuskan penggunaan psu yang berkualitas baik. Daya minimal PSU untuk menjalankan GTX 550 Ti adalah 400W. Harga bekasnya berkisar 600-700 ribu rupiah tergantung kondisi dan juga merk. 
  • Nvidia GT 630 dan GT 640 1GB DDR3 128 bit
    Sebagai pengganti seri sebelumnya, GT 630 dan GT 640 termasuk masih cukup bisa untuk memainkan game-game terbaru dengan settingan yang juga diatur untuk mendapatkan performa gaming yang memuaskan. Kalau saya tidak salah, seri ini pun ada dua versi yang menggunakan VRAM DDR3 dan ada juga yang menggunakan DDR5. Seri GT 630 dan GT 640 masih bisa kita temui dengan kondisi baru. Harga GT 630 baru berkisar 700 ribu rupiah. Namun untuk GT 640 barunya cukup tinggi, harganya hampir 1 juta rupiah, saran saya cari bekas saja.
  • Nvidia GT 730 DDR3
    Untuk sementara seri ini menggunakan chipset dari nvidia yang paling baru. Sebenarnya nvidia sendiri sudah mengeluarkan versi GT 9xx, namun untuk kelas low end sampai saat inipun belum di rilis. GT 730 bisa kita dapatkan baik kondisi baru maupun kondisi bekas. Dan seri ini di rilis dengan dua versi, satu menggunakan jenis VRAM DDR3 yang satunya sudah menggunakan jenis VRAM DDR5. Saran saya silahkan dilirik GT 730 DDR5. Harga bekasnya berkisar 600 ribu rupiah. 

 

VGA gaming Nvidia harga 800 - 1,5 juta

Untuk batasan harga seperti ini. Kita bisa mendapatkan graphic card (vga) gaming dengan kemampuan yang jauh lebih baik. Namun kalau kita jeli, graphic card bekas akan lebih baik dibandingkan yang baru. Hal ini menyangkut performanya. Usahakan untuk membeli graphic card bekas yang bergaransi. Berikut daftar vga gaming nvidia harga 800 sampai 1,5 juta.
  • Nvidia GTX 460
    Merupakan kelas menengah ke atas seri GTX 4xx. Kemampuan untuk gaming saat ini bisa dibilang masih cukup baik, bahkan GTX 460 sendiri kinerjanya masih diatas GT 740, GT 650, dan GTX 550 Ti. Namun satu hal yang pasti, GTX 460 masih membutuhkan 2 x 6 pin power PSU dengan daya pure 450W. Satu kekurangan yang cukup terasa. Harga bekasnya saat ini sudah mulai terjangkau, berkisar 800 ribu rupiah.
  • Nvidia GTX 560, dan GTX 560 Ti
    Semua graphic card seri 560 membutuhkan 2 x 6 pin power dari psu. Dan memang lebih boros, namun pilihan ini saya berikan sebagai alternatif. Kemampuan GTX 560 bahkan lebih baik dibanding GTX 460. Nvidia GTX 560 kinerjanya kurang lebih setara dengan GTX 650 non Ti. Harga bekasnya berkisar 1 juta rupiah. Diatas GTX 560, ada GTX 560 Ti dengan kemampuan satu tingkat diatasnya. Dan kemampuannya ini setara dengan GTX 650 Ti Boost yang harganya masih cukup tinggi. Untuk GTX 560 Ti sendiri harga bekasnya berada di kisaran 1,2 juta rupiah.
  • Nvidia GTX 650 dan GTX 650 Ti
    Graphic card GTX 650 Ti dan non Ti sangat sulit untuk mendapatkannya dengan kondisi baru. Saya pernah menggunakannya, harganya pada waktu itu yang non Ti berkisar 1,3 juta rupiah yang saat ini di gantikan dengan GT 740. Untuk kemampuan sendiri GTX 650 performanya kurang lebih setara dengan GT 740. Sedangkan GTX 650 Ti kemampuannya diatas kedua graphic card tersebut. Harga bekas GTX 650 Ti berkisar 1 juta lebih. Untuk yang non ti berkisar 700-800 ribu rupiah.
  • Nvidia GT 740 DDR3/DDR5
    Sebagai pengganti dari sebelumnya, kemampuan GT 740 bisa diandalkan. Kemampuannya kurang lebih setara dengan GTX 550 Ti yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Namun harganya sendiri tidaklah murah. Untuk mendapatkan GT 740 dengan kondisi baru, kita diharuskan merogoh uang sebesar 1 juta lebih, tepatnya berkisar 1,3 juta. Bandingkan dengan GTX 550 Ti bekas, kita bisa mendapatkannya hanya dengan bermodal uang 700 ribu rupiah. Namun dengan konsekuensi membeli PSU baru yang berkualitas. Perbedaan yang utama adalah GT 740 tidak membutuhkan power tambahan dari PSU. Untuk harga bekasnya pun masih dibilang tinggi, berkisar 900 - 1 juta.
  • Nvidia GTX 750 dan GTX 750 Ti
    Salah satu pilihan yang paling baik. Apalagi chipset yang digunakan tergolong baru. GTX 750 kemampuannya setara dengan 650 Ti dan GTX 560, namun memiliki kelebihan yang sangat kita inginkan dibandingkan saudara tuanya, GTX 750 tidak membutuhkan daya tambahan. Harga barunya berkisar 1,5 juta rupiah. Sedangkan GTX 750 Ti saya lebih menganjurkan membeli bekasnya, karena harga barunya masih cukup tinggi. Kemampuannya setara dengan GTX 650 Ti Boost, GTX 470 dan GTX 560 Ti. 



Pilihan yang paling bijak?

Cukup banyak bukan pilihan vga gaming murah dari nvidia? namun dari sekian banyak manakah yang harus saya beli? Mungkin sobat TC bertanya hal tersebut. Baik, berdasarkan dari pengalaman saya selama menggunakan komputer, seseorang condong memilih power supply yang sudah ada di dalam casing. Hal ini tidak baik bagi kesehatan perangkat komputer, khususnya vga itu sendiri.

Untuk pilihan yang paling bijak adalah mencari vga dengan harga sesuai kantong dan pastinya tidak membutuhkan power tambahan dari psu. Berikut daftar vga yang saya sarankan.
  • Nvidia GT 440 DDR5
  • Nvidia GT 640
  • Nvidia GTX 750
    Namun kalau daya power supply tidak menjadi suatu masalah. Maka pilihan yang paling baik diantara semua graphic card / vga diatas adalah GTX 750 Ti OC Edition.


    Demikian artikel singkat mengenai "VGA Gaming Nvidia Murah tapi bagus". Semoga bisa memberikan sedikit gambaran mengenai kartu grafis yang layak beli bagi sobat TC yang sedang mencari-cari vga murah namun tidak murahan. Apabila bermanfaat monggo di share ya sob.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "VGA gaming nvidia murah tapi bagus"

    Post a Comment