Mengganti Layar LCD Acer Aspire V5 431

www.tutorial-pc.comTutorial-pc.com - Kembali lagi dengan produk Acer. Salah satu teman saya layar LCDnya pecah.Ketika saya tanyakan, ternyata adiknya telah meletakkan buku yang cukup banyak di atas laptop. Mungkin beban yang terlalu berat di salah satu sisi membuat layar LCD yang di tumpuk buku tersebut pecah dengan sendirinya.

Yup, terkadang kerusakan disebabkan oleh banyak faktor, termasuk faktor usernya juga. Jadi apabila kita ingin barang kita awet, sebisa mungkin dijaga. Jangan sampai hal yang telah di alami teman saya terjadi pada kita.

Tipe Acer yang akan di gantikan layar LCDnya adalah Acer Aspire V5 431. Bentuknya sangat tipis, dan cukup wajar apabila kesalahan sedikit saja bisa merusak layarnya.



Apa saja yang harus di persiapkan?

Tentunya layar atau panel LCD baru. Alat yang kita butuhkan untuk mengganti layar LCD Acer Aspire V5 cukup satu saja yaitu obeng plus ukuran kecil. Dan sedikit keyakinan akan keberhasilan? saya tidak mengancam loh, cuma kalau ada kesalahan fatal urusannya malah tambah susahkan? sebelum mengerjakan sebaiknya berdoa ya, semoga lancar hehe..



Langkah dalam mengganti LCD Acer Aspire V5 431

1. Untuk diketahui jenis layar LCD Acer Aspire V5 431 menggunakan layar LED lebih tipis dibandingkan biasanya. Jadi jangan sampai nanti kita salah membeli jenis panel LED nya. Langkah pertama, silahkan buka sela frame LCD dibagian bawah atau samping layar. Cukup gunakan jari dan menariknya kearah luar. Jangan dipaksakan, tarik secara halus, sampai seluruhnya terbuka. Karena pengunci frame layar tidak menggunakan baut sama sekali.
Membuka frame pengunci LCD Acer Aspire V5 431
Membuka frame pengunci LCD Acer Aspire V5 431

2. Setelah terbuka, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuka baut pengunci layar LCD. Sedikit aneh ketika saya ingin membuka baut, seharusnya baut pengunci ada empat, namun ini cuma ada tiga. Kemungkinan layar LCD laptop teman saya sudah pernah diganti sebelumnya. Dan lupa dipasang kembali bautnya
Kondisi layar yang telah dibuka
Kondisi layar yang telah dibuka

3. Letak baut yang dibuka berada di pojok kiri atas dan pojok kiri bawah, pojok kanan atas dan pojok kanan bawah. Gunakan obeng plus ukuran kecil untuk membukanya.
Baut pengunci LCD yang harus dibuka
Baut pengunci LCD yang harus dibuka

4. Setelah membuka baut, silahkan tarik keluar layar LCDnya secara perlahan. Dan lepas kabel fleksibel yang menempel di belakang layar dengan mendorongnya ke arah belakang, perekatnya tidak terlalu kuat jadi cukup dilepas secara perlahan. Posisikan layar LCD tepat di atas keyboard atau bodi laptop tersebut.
Melepas kabel fleksibel yang masih menempel di layar LCD
Melepas kabel fleksibel yang masih menempel di layar LCD

5. Langkah terakhir adalah melepas konektor fleksibel yang berada dibelakang layar LCD tersebut. Harap di ingat, untuk melepas terlebih dahulu perekat yang menempel pada bagian layar. Umumnya berwarna transparan atau ada juga yang berwarna kuning transparan. Setelah memelepas perekat silahkan dorong kebelakang untuk melepas konektor LCD tersebut.
Melepas konektor kabel fleksibel LCD
Melepas konektor kabel fleksibel LCD

6. Sampai disini kita telah melepaskan panel LCD Acer Aspire V5 431. Untuk cara memasangnya pun tidak terlalu sulit. Sama halnya seperti kita melepasnya. Hanya saja ketika kita ingin memasang frame LCDnya, kita harus menekan setiap sisi untuk mengunci frame tersebut. Oh ya satu lagi, pada kondisi sebelum dibuka ada perekat di bagian frame LCD. Apabila perekat ini sudah tidak berfungsi, silahkan beli selotip ukuran kecil yang di tempel pada bagian frame.


Demikian tutorial singkat mengganti Layar LCD Acer Aspire V5 431. Selama saya melakukan bongkar pasang panel LCD laptop / notebook, Acer Aspire V5 V431 termasuk yang paling mudah untuk dibongkar, tanpa harus direpotkan dengan pengunci yang terlalu banyak. Namun walaupun begitu tetap hati-hati saat membongkarnya. Segala kerusakan yang terjadi selama praktek bukanlah tanggung jawab saya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengganti Layar LCD Acer Aspire V5 431"

Post a Comment