Sejarah RAM (Random Access Memory) dan perkembangannya

www.tutorial-pcmu.blogspot.comTutorial-pc.com - Pernahkah ada seorang teman bertanya, berapa MB/GB RAM komputer atau laptopnya? sebenarnya apa sih fungsi dari RAM ini? hiasan komputer? yang jelas bukan ya sob. Fungsinya sangat penting. RAM bisa meningkatkan kinerja komputer dan membantu prosesor untuk mengolah data agar lebih baik lagi.

Sebelum jauh membahas sejarah panjang RAM, saya jelaskan terlebih dahulu biar tidak membuat mereka yang baru mengenal komputer menjadi bingung. RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan sementara. Bingung? saya jelaskan lagi, ketika kita sedang membuka suatu aplikasi atau program komputer, secara otomatis program ini akan menggunakan RAM untuk menempatkan program tersebut, namun akan hilang ketika komputer dimatikan. Bedanya dengan penyimpanan seperti Hard disk, ketika komputer dimatikan data yang didalam hard disk tetap ada.

Jadi secara mudahnya, RAM adalah tempat meletakkan aplikasi komputer sementara waktu ketika kita sedang menggunakan aplikasi tersebut. Semakin banyak aplikasi yang kita buka, semakin besar juga RAM yang di gunakan. Apabila kapasitas RAM kita tidak memadai maka komputer akan mengalami hang dikarenakan aplikasi tersebut akan memakai Hard disk sebagai tempat penyimpanan lainnya. Kebayang bukan betapa jauh kecepatan akses hard disk dengan RAM?



Bagaimana mengetahui aplikasi menggunakan RAM

Caranya tidak sulit kok, kita hanya membuka Task Manager yang ada pada sistem operasi Windows. Dan melihatnya berapa banyak RAM yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Sekarang coba sobat membuka beberapa aplikasi sekaligus, kurang lebih lima aplikasi yang dibuka secara bersamaan dan buka task manager dengan cara menggunakan tombol kombinasi CTRL + DEL, klik tab pada bagian proses kemudian lihat dibagian memori, terlihat jelas aplikasi apa saja yang menggunakan RAM dan besarnya penggunaan RAM tersebut.
Aplikasi Firefox menggunakan 800MB RAM
Aplikasi Firefox menggunakan 800MB RAM
Terlihat seperti digambar bahwa penggunaan memori saya mencapai 87%. Bayangkan total RAM yang saya gunakan adalah 8GB dengan memori yang saya share (bagi) untuk VGA Onboard 1GB, berarti kapasitas RAM adalah 7GB. Total aplikasi yang menggunakan RAM sebesar 5GB lebih. Kebayangkan betapa aplikasi saat ini rakus akan RAM?



Sejarah RAM (Random Access Memory)

RAM dikenalkan pada tahun 1960-an. Harganya kala itu sangatlah mahal. RAM pertama kali di ciptakan oleh perusahaan Intel. Jenis ram waktu itu disebut dengan DRAM. Seperti penjelasan saya sebelumnya, RAM bisa ditulis dan dibaca, itulah kenapa RAM disebut sebagai memori penyimpanan sementara. RAM sendiri ditemukan oleh Robert Denard dan diproduksi secara massal oleh intel pada tahun 1968. RAM yang pertama kali di temukan membutuhkan tegangan daya sebesar 5,0 Volt dan berjalan pada kecepatan 4,77 Mhz.

Berikut list lengkap perkembangan RAM.
  1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
    Di ciptakan oleh perusahaan IBM pada tahun 1970. Memiliki kecepatan antara 4,77 MHz sampai dengan 40 MHz. 
  2. FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM)
    Diciptakan pada tahun 1987, lebih dikenal dengan nama FPM. FPM sendiri memiliki kecepatan antara 16 MHz sampai dengan 66 MHz
  3. EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)
    Munculnya EDO DRAM untuk menyempurnakan jenis memori sebelumnya yaitu FPM DRAM. EDO RAM sendiri digunakan oleh komputer dengan prosesor Intel 486 dan juga intel pentium generasi pertama. Saya sendiri walaupun tidak pernah merasakan kemampuan dari jenis RAM ini namun saya pernah memilikinya. Kebetulan prosesor yang digunakan Intel pentium I. Ukurannya sangatlah kecil, mirip dengan RAM Laptop. 
  4. SD RAM (Synchoronous Dynamic RAM)
    Pada tahun 1996 dan 1997 muncul SD RAM PC 66. PC 66 berarti RAM ini memiliki kecepatan 66 MHz. Kemudian muncul lagi SD RAM PC 100 yang digunakan untuk komputer pentium II. Pada tahun 1999, SDRAM PC 133 di luncurkan ke pasaran. SDRAM terus ditingkatkan menjadi PC 150.
  5. RD RAM (Rambus DRAM)
    Sering juga disebut dengan DRDRAM atau juga Rambus memory merupakan jenis ram yang memiliki kecepatan sangat tinggi pada masa itu. RAM jenis ini bisa mengalirkan data 1GB / s. Cukup jauh apabila dibandingkan dengan SDRAM. Namun menurut sumber yang pernah saya baca, Rambus RAM akhirnya menghilang dari pasaran dikarenakan harganya yang terlampau tinggi.
  6. DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM)
    Pada tahun 1999, dua perusahaan yang saling bersaing yaitu AMD dan Intel meningkatkan kecepatan clock prosesornya masing-masing. Dan ini berimbas kepada kebutuhan RAM yang bisa mengimbangi kemampuan prosesor tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka di ciptakan DDR SDRAM  atau yang lebih dikenal dengan RAM tipe DDR1. Umumnya untuk prosesor pentium III sampai dengan pentium IV.
  7. DDR2 SDRAM
    Pengembangan berlanjut ke jenis terbaru. RAM ini muncul pada tahun 2005. DDR2 memiliki kecepatan lebih baik. RAM tipe DDR2 pun saat ini masih banyak beredar walaupun untuk kapasitas 2GB sangat sulit untuk ditemui di pasaran. Walaupun ada harganya lumayan mahal, bahkan setara dengan 4GB DDR3. RAM ini digunakan dari prosesor pentium IV sampai dengan generasi Core Duo. RAM tipe ini membutuhkan daya sebesar 1,8 Volt. 
  8. DDR3 SDRAM
    Pada pertengahan tahun 2007 muncul kembali jenis RAM terbaru yaitu DDR3 SD RAM. Membutuhkan daya hanya 1,5Volt. Kemampuan yang lebih baik begitu juga lebih irit daya membuat RAM DDR2 tertinggal jauh. Namun harganya pada waktu itu cukuplah tinggi membuat RAM ini belum dilirik orang lain. Barulah pada tahun 2010 RAM ini mulai diburu pengguna komputer. Untuk saat ini harga RAM DDR3 jauh lebih murah daripada DDR2. RAM ini mulai digunakan pada prosesor Core Duo sampai dengan Core i7.
  9. DDR4 SDRAM
    RAM yang dirilis pada tahun 2014 namun ternyata baru bisa digunakan pada tahun 2015 merupakan RAM tipe paling baru saat ini. Untuk harga sendiri masih belum bisa dijangkau untuk kalangan biasa. Apalagi RAM ini masih diperuntukkan untuk prosesor kelas atas miliknya Intel. 
Jenis RAM
Jenis RAM


 

Beberapa pertanyaan mengenai RAM

Ada beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan seorang teman saya dan menggelitik saya untuk menjawabnya. Betapa tidak pertanyaan tersebut dirasakan cukup tidak masuk akal. Cukup wajar memang karena mereka termasuk orang awam yang baru mengenal komputer. Salah satu pertanyaannya yaitu "Bisakah RAM DDR3 dipasang pada mainboard DDR2?", jawabannya sudah pasti tidak bisa karena beda jumlah pin pada RAM. Namun harap di ingat, ada beberapa mainboard yang bisa menggunakan tipe ram yang berbeda, biasanya memiliki 4 slot memori. 2 slot untuk DDR2 dan 2 Slot DDR3.



RAM manakah yang paling layak beli?

Untuk saat ini hindari mencari RAM berjenis DDR2 untuk merakit sebuah komputer. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan RAM tipe DDR3. Stoknya sudah pasti banyak dipasaran baik itu kondisi baru maupun bekas. Untuk DDR4 lebih baik ditunda terlebih dahulu. Disamping harganya yang masih tinggi, perangkat lain yang mendukung DDR4 pun masih memiliki harga yang belum layak beli. Teknologi baru lebih baik tunggu sampai satu tahun. Umumnya harga perangkat baru tersebut akan turun dan menjadikan layak untuk dibeli.



Berapakah RAM minimal untuk saat ini?

Dari sekian banyak pengalaman saya selama menggunakan komputer, untuk minimal RAM komputer atau pun laptop saat ini adalah 4GB. Walaupun sebenarnya 2GB masih dibilang cukup. Namun untuk mempersiapkan aplikasi yang akan datang lebih baik menggunakan RAM 4GB atau lebih.


Demikian artikel mengenai sejarah RAM (Random Access Memory) dan perkembangannya. Semoga bisa memberikan manfaat tersendiri bagi pembaca setia Tutorial PC.

Referensi Artikel : 
  • http://www.teknologi.in/2015/01/sejarah-perkembangan-ram-sampai-tahun-2015.html
  • Dari beberapa sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah RAM (Random Access Memory) dan perkembangannya"

Post a Comment