Sejarah Flashdisk dan perkembangannya

www.tutorial-pcmu.blogspot.comTutorial-pc.com - Salah satu perangkat komputer yang paling banyak dibeli orang? kenapa demikian? ukuran yang kecil namun memiliki kapasitas yang lumayan besar menjadikan flashdisk sebagai media penyimpanan favorit. Percaya atau tidak suatu saat hard disk eksternal posisinya akan tergantikan oleh media yang satu ini.

Awal saya mengenal flashdisk berukuran 128MB. Dan teknologi berikut kapasitasnya semakin berkembang. Bahkan flahsdisk terbaru dari kingston memiliki kapasitas super bongsor yaitu 1TB (terabyte), kebayang bukan, ukuran kecil namun bisa menampung seluruh data yang ada. Hanya saja pada saat peluncurannya harga flashdisk kingston kapasitas 1TB sama dengan membeli satu unit mobil bekas. Sumber yang pernah saya baca, harganya berkisar 41 Juta, kemudian harga flahsdisk kingston 512GB berkisar 23 juta. Harga yang cukup fantastis bukan?

Kalau untuk saat ini, saya tidak tahu pasti berapa harga flashdisk 1TB namun saya yakin harganya masih belum masuk di kantong kita. Kebanyakan flashdisk yang masih dijangkau oleh pengguna komputer adalah 32GB. Harganya berkisar 160rb, cukup murah dengan kapasitas sebesar itu. Tetapi ingatlah hukum teknologi, semakin lama harganya akan semakin turun karena adanya produk terbaru. Jadi tunggu saja ya sob harga flashdisk 1TB menjadi 100rb hehe.



Sejarah Flashdisk dan perkembangannya

Sebelum berbicara jauh mengenai sejarah flashdisk, saya jelaskan terlebih dahulu apa itu flashdisk. USB Flash drive atau yang lebih dikenal dengan nama Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang sudah terintegrasi penghubung USB. Flashdisk dideteksi oleh komputer sebagai removable drive, maksudnya perangkat tersebut bisa di lepas pasang.

Berdasarkan sumber yang saya baca, penemu flahsdisk sendiri berasal dari jepang yaitu Dr. Fujio Masuoka. Pada waktu itu, Dr Fujio menemukan flash memory (Nor dan Nand) pada tahun 1984 ketika beliau bekerja pada thosiba. Nor flash merupakan flash dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk penghapusan dan penulisan data didalamnya, sedangkan Nand bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan lebih cepat di bandingkan dengan Nor.

Sampai saat ini belum bisa dipastikan siapa yang mengembangkan flashdisk. Ada tiga perusahaan yang saling mengakui hal tersebut yaitu Trek 2000, M-Systems dan Netak.

Flashdisk mulai dipasarkan secara global pada tahun 2001 di negara Amerika oleh perusahaan IBM. Pada waktu di pasarkan, kapasitas flashdisk sebesar 8MB. Cukup besar apabila dibandingkan dengan Disket yang hanya bisa menampung 1,44MB (kalau saya tidak salah). Dari segi penggunaan pun jauh lebih baik dibandingkan disket. Yang akhirnya saat ini disketpun tidak lagi digunakan.

Beberapa komponen yang ada didalam flashdisk. 
  • Sambungan USB 
  • Perangkat pengontrol
  • Chip memori 
  • Lampu LED 
  • Write-protect switch 

Kelebihan flashdisk dibanding media penyimpanan lainnya 
  • Ukuran yang lebih ringkas yang berarti mudah untuk dibawa kemanapun tanpa harus membutuhkan tempat yang lebih besar. 
  • Harganya yang semakin terjangkau 
  • Kapasitasnya semakin lama semakin besar dan mendekati kapasitas hard disk komputer desktop, seperti yang saya jelaskan diawal tadi
  • Bentuknya yang sangat menarik dibandingkan media penyimpanan lainnya. 
 Kekurangan flashdisk dibanding media penyimpanan lainnya. 
  • Ukuran yang kecil memang suatu kelebihan, namun bisa menjadi bencana karena terkadang kita lupa meletakkannya, intinya sangat mudah hilang
  • Kecepatan baca tulis masih dibawah media penyimpanan lain seperti harddisk eksternal. Ini saya rasakan sendiri. Kalau menginginkan kecepatan yang tinggi kita harus menebus flashdisk dengan harga yang lebih tinggi lagi 



Merk flashdisk yang banyak ditemui di pasaran

Beberapa produsen flashdisk berlomba-lomba untuk menjual produknya dengan berbagai inovasi. Dan ini memberikan keuntungan sendiri, karena umumnya mereka saling bersaing, baik itu dari segi harga maupun kualitas. Berikut merk flashdisk yang bisa kita jumpai di toko-toko komputer.
  • Flahsdisk Kingston, merk yang satu ini termasuk salah satu merk yang paling banyak dicari orang, ini berdasarkan penilaian saya pribadi loh
  • Flashdisk Sandisk, merk sandisk termasuk merk yang paling bersaing dari segi harga maupun dari segi bentuknya yang menarik.
  • Flashdisk Sony
  • Flashdisk  V-Gen, merk V-gen saat ini cukup sulit ditemui dipasaran. Bahkan saya tidak menemukan merk ini lagi dijual di toko-toko komputer. Padahal V-gen memberikan harga yang cukup bersaing dan kualitaspun tidak terlalu jelek.
  • Flashdisk Team. Merk team lebih banyak dikenal pengguna komputer sebagai produsen RAM.
  • Flashdisk Thosiba. Siapa yang tidak mengenal Thosiba? yup, salah satu produsen komputer jinjing atau laptop. Merk Thosiba sendiri cukup bersaing dengan merk lain. Harganya termasuk terjangkau. 
  • Flahsdisk Corsair. Merk Corsair cukup dikenal dengan perangkat berkelas seperti gaming case, memori dan pendingin prosesor. 
  • Flashdisk A-Data. Dahulu saya sangat menginginkan hard disk eksternal merk A-Data, namun sayang toko komputer yang ada di kota saya tidak menjualnya, bahkan ada sebagian toko yang tidak mengenal merk yang satu ini. 



Hati-hati flashdisk palsu

Banyaknya minat pembeli flashdisk menjadikan daya tarik bagi mereka yang ingin melakukan kecurangan. Sebagian dari mereka memalsukan produknya seolah-olah flashdisk tersebut barang asli padahal palsu. Untuk itu kita harus berhati-hati terhadap barang yang akan dibeli. Lebih baik untuk browsing terlebih dahulu mengenai ciri-ciri produk asli dan palsu. Jangan sampai nanti kita membeli flashdisk dengan palsu namun harganya sama dengan yang asli. Beberapa merk yang sering dijual dengan produk palsu yaitu Thosiba, Kingston, dan Sandisk.


Demikian artikel mengenai sejarah flashdisk dan perkembangannya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua baik pengguna awam maupun yang sudah paham. Saya sendiri walaupun sudah cukup lama di dunia komputer malah tidak terlalu mengetahui mengenai sejarahnya.


Referensi Artikel. 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/USB_flash_drive

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Flashdisk dan perkembangannya"

Post a Comment